alexametrics

3 Efek Samping Lidah Buaya untuk Wajah, Gatal-Gatal hingga Kulit Meradang

Rima Sekarani Imamun Nissa
3 Efek Samping Lidah Buaya untuk Wajah, Gatal-Gatal hingga Kulit Meradang
Ilustrasi perawatan kulit dengan lidah buaya. (Shutterstock)

Belum tentu aman, ketahui efek samping lidah buaya untuk wajah.

Suara.com - Selain bermanfaat bagi kesehatan rambut, rupanya lidah buaya juga bagus untuk perawatan wajah. Khasiat lidah buaya memang banyak. Namun, apakah kamu sudah tahu bahwa ada juga efek samping lidah buaya untuk wajah yang perlu diwaspadai?

Kandungan zinc, sodium, kalium, kromium, kalsium, magnesium, fenol, flavonoid, dan beragam vitamin di dalamnya membuat lidah buaya kerap dijadikan bahan baku kosmetik, skincare ataupun obat.

Walau begitu, kamu juga perlu memperhatikan efek samping lidah buaya untuk wajah, ya! Supaya nggak bingung, berikut Suara.com rangkumkan 3 efek samping lidah buaya untuk wajah yang telah diolah dari berbagai sumber.

1. Peradangan kulit

Baca Juga: Bisa Obati Jerawat yang Meradang, Ini 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

Lidah buaya. (Shutterstock)
Lidah buaya. (Shutterstock)

Salah satu manfaat lidah buaya yang paling kerap dijumpai adalah digunakan sebagai masker kulit wajah.

Dalam anjurannya, penggunaan masker lidah buaya sebaiknya tidak didiamkan lebih dari lima menit karena hal ini bisa memicu efek samping berupa peradangan, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Jika, kamu mengalami masalah tersebut, segera hentikan penggunaan masker lidah buaya dan berobat ke dokter spesialis kulit untuk mendapat penanganan yang tepat.

2. Memunculkan bintik merah di kulit

Penggunaan lidah buaya pada kulit sensitif dapat memicu munculnya gatal, ruam, sampai bintik-bintik merah.

Baca Juga: Tanpa Skincare Mahal, 3 Cara dari Dokter Zaidul Akbar Ini Bisa Bikin Wajah Glowing Lho

Ada cara sederhana cara untuk mengetahui apakah kulit kita tahan dengan kandungan lidah buaya. Sebelum mencoba, kamu bisa terlebih dahulu mengoleskan lidah buaya di bagian belakang telinga untuk melihat efeknya.

3. Kulit gatal

Penggunaan lidah buaya bagi kulit wajah sensitif juga tak jarang membuat kulit menjadi sangat gatal. Oleh karena itu, apabila kulitmu terlihat mulai memerah saat menggunakan lidah buaya, segera hentikan dan bawa ke dokter demi perawatan yang tepat.

Efek samping lidah buaya bagi tubuh

Selain menggunakan gelnya sebagai masker atau skincare lain, tidak sedikit juga orang yang mengkonsumsi lidah buaya. Oh, iya. Perlu diingat bahwa tidak semua orang aman mengkonsumsi tanaman satu ini, ya!

Menurunkan kadar gula darah

Jika dilihat secara sekilas, penurunan kadar gula darah tentu menjadi kabar yang baik. Namun, jika hal ini terus terjadi, bukan tidak mungkin kondisi kita justru menjadi drop karena lidah buaya.

Memperparah wasir dan penyakit ginjal

Ilustrasi sakit pinggang karena penyakit ginjal. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit pinggang karena penyakit ginjal. (Shutterstock)

Kandungan gel pada lidah buaya akan memperburuk wasir yang sedang kamu alami. Oleh karena itu, penderita wasir sebaiknya sangat menghindari penggunaan tanaman satu ini.

Bagi seseorang dengan penyakit ginjal, lidah buaya juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat memperparah penyakit ginjal yang mereka derita.

Itulah tadi beberapa hal terkait efek samping lidah buaya untuk wajah dan bagian tubuh lainnya. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar