Waspada, Konsumsi Minuman dengan Pemanis Buatan Dapat Tingkatkan Nafsu Makan

Vania Rossa, Lilis Varwati

Kamis, 30 September 2021 | 13:24 WIB
Waspada, Konsumsi Minuman dengan Pemanis Buatan Dapat Tingkatkan Nafsu Makan
Ilustrasi minuman dengan pemanis buatan. (Shutterstock)

Suara.com - Soda diet dan minuman yang mengandung pemanis buatan sukralosa dapat meningkatkan nafsu makan pada perempuan dan orang yang mengalami obesitas.

Hal itu dibuktikan dalam penelitian baru oleh Keck School of Medicine dari University of Southern California (USC) dan diterbitkan di JAMA Network Open.

Para ilmuwan mempelajari efek mengonsumsi pemanis buatan, atau pemanis nonnutrisi (NNS), baik pada aktivitas otak dan respon nafsu makan di otak pada populasi yang berbeda.

Terdapat 74 peserta dewasa, 43 di antaranya perempuan. Penelitian dilakukan pada Maret 2020 hingga Maret 2021. Dalam jumlah yang sama, peserta diidentifikasi berdasarkan gender, berat badan sehat, dan obesitas.

Selama tiga kunjungan pagi yang terpisah ke USC's Dornsife Cognitive Neuroimaging Center, para peserta mengonsumsi 300 mililiter minuman yang dimaniskan dengan sukrosa (gula nutrisi), minuman yang dimaniskan dengan NNS sukralosa, atau air sebagai kontrol.

Para peneliti kemudian menghabiskan dua jam mengukur aktivasi daerah otak yang berfungsi mengontrol nafsu makan sebagai respon terhadap gambar makanan berkalori tinggi.

Aktivitas otak dipantau menggunakan teknik pencitraan yang disebut pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI) di samping kadar glukosa, kadar insulin, dalam tubublh.

"Darah diambil sampelnya pada awal hingga 10, 35, dan 120 menit setelah peserta menerima minuman yang mengandung sukrosa, sukralosa, atau air untuk mengukur glukosa plasma, insulin, peptida seperti glukagon, asil-ghrelin, total peptida YY , dan leptin.

Hasil pencitraan itu menunjukan adanya peningkatan aktivitas di daerah otak yang berfungsi mengontrol nafsu makan pada perempuan dan orang gemuk setelah mengonsumsi minuman yang mengandung sukralosa, dibandingkan dengan minuman yang mengandung gula asli.

baca juga

Ada juga penurunan kadar hormon yang membuat partisipan merasa kenyang setelah menenggak minuman yang mengandung sukralosa, dibandingkan dengan minuman yang mengandung sukrosa.

Terakhir, partisipan perempuan yang konsumsi minuman mengandung sukralosa makan lebih banyak camilan daripada setelah mereka meminum minuman yang mengandung sukrosa.

Asupan makanan tidak berbeda untuk peserta laki-laki, dan lebih dari 40 persen orang dewasa AS saat ini menggunakan NNS sebagai pilihan bebas kalori untuk membantu menurunkan berat badan dan tetap mendapatkan makanan manis.

"Dengan mempelajari kelompok yang berbeda, kami dapat menunjukkan bahwa perempuan dan orang obesitas mungkin lebih sensitif terhadap pemanis buatan. Untuk kelompok ini, minum minuman dengan pemanis buatan dapat mengelabui otak agar merasa lapar, yang pada gilirannya dapat menghasilkan lebih banyak kalori yang dikonsumsi," kata Dr. Kathleen Page, penulis studi yang sesuai dan profesor kedokteran di Keck School of Medicine, dikutip Fox News.

Selain itu, dia mencatat bahwa konsekuensi kesehatan dari pemanis buatan masih sangat diperdebatkan.

"Ada kontroversi seputar penggunaan pemanis buatan karena banyak orang menggunakannya untuk menurunkan berat badan," kata Page.

"Sementara beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin membantu, yang lain menunjukkan bahwa itu mungkin mrnyebabkan penambahan berat badan, diabetes tipe 2 dan gangguan metabolisme lainnya," imbuhnya.

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat saat ini mencantumkan enam pemanis berintensitas tinggi yang dilabel sebagai aditif makanan. Di antaranya, sakarin, aspartam, acesulfame potassium (Ace-K), sukralosa, neotame, dan advantame.

FDA memperingatkan bahwa orang yang sering konsumsi minuman manis lebih mungkin alami masalah kesehatan, termasuk penambahan berat badan, obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit hati nonalkohol, gigi berlubang, dan asam urat.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

4 Tips Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebihan

4 Tips Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebihan

Your Say | Jum'at, 24 September 2021 | 08:45 WIB

7 Menu Diet Sehat Cocok untuk Sarapan, Efektif Menurunkan Berat Badan

7 Menu Diet Sehat Cocok untuk Sarapan, Efektif Menurunkan Berat Badan

Lifestyle | Kamis, 23 September 2021 | 14:44 WIB

Cewek Temukan Hewan Menggeliat dalam Nasi Padang, Auto Enggak Nafsu Makan

Cewek Temukan Hewan Menggeliat dalam Nasi Padang, Auto Enggak Nafsu Makan

News | Rabu, 15 September 2021 | 16:25 WIB

Terkini

Cara Download Logo Hari Pramuka 2026, Lengkap dengan Link Resminya

Cara Download Logo Hari Pramuka 2026, Lengkap dengan Link Resminya

Tekno | Rabu, 12 Agustus 2026 | 09:02 WIB

Bybit Resmi Ekspansi ke Indonesia usai Akuisisi Nobi, Incar 20% Pangsa Pasar Transaksi Kripto

Bybit Resmi Ekspansi ke Indonesia usai Akuisisi Nobi, Incar 20% Pangsa Pasar Transaksi Kripto

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:57 WIB

Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan 2026 Jam Berapa? Simak Waktu Pelaksanaannya di Sini!

Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan 2026 Jam Berapa? Simak Waktu Pelaksanaannya di Sini!

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:54 WIB

Uji Coba Tabung CNG 3 Kg Direncanakan Mulai Pekan Depan

Uji Coba Tabung CNG 3 Kg Direncanakan Mulai Pekan Depan

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:54 WIB

Kota Jogja Siapkan Rp40 Miliar Angkut Sampah ke PSEL, Bantul Pastikan Warga Sekitar Tak Direlokasi

Kota Jogja Siapkan Rp40 Miliar Angkut Sampah ke PSEL, Bantul Pastikan Warga Sekitar Tak Direlokasi

Jawa Tengah | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:49 WIB

Niat Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan: Lengkap dengan Bacaan Latin, Arti, dan Jadwalnya di Tahun 2026

Niat Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan: Lengkap dengan Bacaan Latin, Arti, dan Jadwalnya di Tahun 2026

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:46 WIB

Misteri Kunci Hilang Terjawab: Sebulan Diincar, Mobil Avanza di Bandar Lampung Raib Digasak

Misteri Kunci Hilang Terjawab: Sebulan Diincar, Mobil Avanza di Bandar Lampung Raib Digasak

Lampung | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:45 WIB

Stop 'Pencet Setuju' Tanpa Baca! Inovasi Layanan Jadi Kunci Agar Kuota Internet Gak Hangus

Stop 'Pencet Setuju' Tanpa Baca! Inovasi Layanan Jadi Kunci Agar Kuota Internet Gak Hangus

Tekno | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:45 WIB

Laba BCA Syariah Meningkat, Aset Tembus Rp20,7 Triliun

Laba BCA Syariah Meningkat, Aset Tembus Rp20,7 Triliun

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:41 WIB

Pengusaha Sound Horeg Jatim-Jateng Temui Jokowi, Dukung Gibran di 2029

Pengusaha Sound Horeg Jatim-Jateng Temui Jokowi, Dukung Gibran di 2029

Surakarta | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:38 WIB

×