alexametrics

Jangan Salah Pilih, Bahan Sarung Bantal Tertentu Bisa Percepat Kerutan di Wajah Lho

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Salah Pilih, Bahan Sarung Bantal Tertentu Bisa Percepat Kerutan di Wajah Lho
Ilustrasi sarung bantal (freepik)

Bahan sarung bantal tertentu bisa melindungi kulit dan ada pula yang mempercepat munculnya kerutan wajah.

Suara.com - Seiring bertambahnya usia, setiap orang akan mengalami garis kerutan di wajah, leher dan bagian tubuh mana pun yang menandakan proses penuaan. Tapi, setiap orang memiliki kedalaman kerutan yang berbeda-beda.

Hal ini dipengaruhi oleh faktor gaya hidup dan perawatan kecantikan yang dijalaninya. Tapi, tak banyak yang menyangka kalau jenis bantal tidur juga bisa mempercepat maupun memperlambat proses penuaan ini.

Karena, bahan sarung bantal tertentu bisa melindungi kulit dan ada pula yang mempercepat munculnya kerutan wajah. Ahli kosmetik di Australia, Laura Lynch, mengatakan sarung bantal yang berbahan katun bisa menyebabkan kerutan pada wajah.

"Bahan katun ini seolah memerangkap kulit wajah berbaring tidur semalaman. Lalu, perlahan mengikiskan elastisitas kulit untuk kembali semula," kata Laura Lynch dikutip dari Express.

Baca Juga: Selain Virus Corona, Informasi Hoaks Juga Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Hal ini seolah menunjukkan bahwa sarung bantal cukup berperan besar dalam pembentukan garis kerutan pada wajah. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa sarung bantal peptida tembaga bisa membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan dengan meningkatkan protein kolagen.

Ilustrasi kerutan, garis--garis halus (Elements Envato)
Ilustrasi kerutan, garis--garis halus (Elements Envato)

Karena, tembaga dapat diserap melalui kulit. Para peneliti dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology mengatakan bahwa tidur menggunakan sarung bantal yang mengandung serta tembaga akan mengurangi kerutan pada kulit wajah.

Sebuah studi juga telah membuktikannya dengan melibatkan sejumlah sukarelawan usia 30-60 tahun selama 8 minggu. Para peneliti meminta sukarelawan untuk tidur menggunakan sarung bantal yang mengandung tembaga oksida dan sarung bantal tanpa tembaga.

Sebelumnya, para peneliti mengevaluasi kondisi kulit peserta sebelum melakukan penelitian. Setelah 4-8 minggu tidur menggunakan sarung bantal yang sudah ditentukan, para peneliti kembali memeriksa kondisi kulit mereka.

Orang yang menggunakan sarung bantal mengandung tembaga oksida mengalami penurunan garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata yang cukup signifikan. Tetapi, para peneliti tidak melihat hal serupa pada peserta yang tidur menggunakan sarung bantal tanpa kandungan tembaga.

Baca Juga: Gejala Baru Virus Corona Covid-19, dari Kulit Terkelupas hingga Mengerut!

"Tidur dengan sarung bantal yang mengandung tembaga oksida membantu mengurangi kerutan dan memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan," katanya.

Sebenarnya, sekarang ini sudah banyak perawata kulit untuk mengatasi keriput, seperti penggunaan krim, pengelupasan kimia, dermabrasi dan mikrodermabrasi hingga laser.

Menurut Bupa, krim dan gel yang mengandung retinoid (suatu bentuk vitamin A) dapat memperbaiki garis-garis halus, membuat kulit lebih halus dan warna kulit lebih merata.

"Retinoid memang membantu memperbaiki kerusakan sel-sel kulit dan mengencangkan kulit Anda, sehingga garis-garis halus tersamarkan," kata Bupa.

Selain itu, Bupa juga mengatakan bahwa tindakan chemical peeling pun bisa membantu memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit wajah serta mengurangi garis halus dan kerutan.

Komentar