alexametrics

Mengenal Garut, Herbal yang Diklaim Bisa Redakan Nyeri Lambung

Bimo Aria Fundrika
Mengenal Garut, Herbal yang Diklaim Bisa Redakan Nyeri Lambung
Ilustrasi herbal (Chamile White/Pixabay).

Tanaman ini memang kurang populer di Indonesia dibanding dengan singkong, ubi dan jenis umbi-umbian yang lain.

Suara.com - Tanaman herbal telah banyak digunakan dan dimanfaatkan untuk kesehatan. Sebut saja kunyit, jahe, hingga jinten. Derertan nama itu telah banyak dikenal masyarakat akan khasiatnya.

Tapi, pernahkah mendengar  Garut (Maranta arundinacea) yang secara umum disebut Arrowroot. Ya, nama tadi memiliki arti tumbuhan yang mempunyai akar rimpang (Umbi) berbentuk seperti busur tanah.

Sekilas fisiknya tampak berujung lancip dan memiliki garis-garis horisontal, demikian seperti dikutip dari keterangan yang diterima Suara.com, Selasa, (12/10/2021).

Tanaman ini memang kurang populer di Indonesia dibanding dengan singkong, ubi dan jenis umbi-umbian yang lain. Dilihat dari namanya, Garut sepintas seolah berasal dari Garut, sebuah nama Kabupaten di Jawa Barat.

Baca Juga: Polisi Ungkap Rekayasa Wanita Korban Perampokan Rp1,3 Miliar di Garut

Namun, faktanya tanaman ini justru ditemukan di Amerika Selatan dan Filipina. Pati dari Umbi Garut ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Pati Umbi Garut memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari beras sehingga aman bagi penderita diabetes.

Sejumlah riset juga menyebut pemanfaatan Pati umbi garut sangat bagus untuk kesehatan lambung. Salah satu produsen obat herbal tradisional asal Kemranjen, Banyumas Fauzi Rakhmat menyebut bahwa Pati umbi garut dapat melapisi lambung sehingga terlindungi dari penyebab sakit lambung terutama makanan.

"Pati Umbi Garut mengandung serat pangan tinggi yang berfungsi meredakan nyeri lambung dan menetralkan asam lambung berlebih. Konsumsi umbi garut secara rutin dapat melapisi lambung dan mempercepat penyembuhan luka di lambung yang menjadi pemicu sakit maag," ungkap Fauzi pemilik brand obat herbal Maagirut.

Sebagai produsen obat herbal tradisional, Fauzi juga memadupadankan dengan bahan herbal lainnya seperti kunyit, madu hutan, kayu manis dan habatussauda serta membuatnya dalam bentuk cair agar lebih praktis dan mudah dibawa.

"Campuran obat herbal alami dengan bentuk cair ini melapisi lapisan perut, menurunkan asam lambung dan menyembuhkan luka di lambung. Selain itu juga kemasan yang praktis dibutuhkan agar bisa dibawa kemana saja," imbuh Fauzi.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Sirsak yang Luar Biasa untuk Tubuh, Salah Satunya Diklaim Meredakan Stres

Lebih jauh, selain mengkonsumsi pati umbi garut, Fauzi juga menghimbau untuk tidak meremehkan gejala sakit maag dan selalu menjaga pola makan agar tidak terjadi komplikasi yang serius.

Komentar