alexametrics

Update Covid-19 Global: Tempat Isolasi di Singapura Hampir Penuh, Capai 85 Persen!

Risna Halidi | Lilis Varwati
Update Covid-19 Global: Tempat Isolasi di Singapura Hampir Penuh, Capai 85 Persen!
Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)

Siman update Covid-19 global terkini, termasuk kabar tingginya kasus infeksi di Singapura.

Suara.com - Update Covid-19 global mencatat bagaimana kasus Covid-19 terbaru serta angka kematian di seluruh dunia masih terus bertambah. 

Dalam situs Worldometers, ada sebanyak 340.215 kasus Covid-19 baru dan 5.290 orang meninggal dunia akibat virus corona dalam 24 jam terakhir. 

Sehingga, per Minggu (17/10) pukul 07.00 WIB, total kasus Covid-19 secara global telah mencapai 241,14 juta dengan kematian lebih dari 4,9 juta jiwa. 

Kasus positif harian didominasi oleh Inggris yang melaporkan 43.423 orang terinfeksi virus corona SARS Cov-2 itu dalam sehari. Sedangkan kematian paling banyak masih terjadi di Rusia dengan 1.002 jiwa, terbanyak selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Fokus Mengurus Stellantis, Carlos Tavares Undur Diri dari Airbus

Di sisi lain wilayah Asia Tenggara, lonjakan kasus juga masih dialami Singapura. Sekitar 1,5 bulan terakhir, Singapura alami lonjakan kasus positif Covid-19.

Selama 24 jam terakhir, rekor kasus positif harian kembali terjadi dengan dilaporkannya 3.348 orang terinfeksi.

Lonjakan itu berdampak pada meningkatnya keterisian tempat tidur di rumah sakit oleh pasien Covid-19. Akibatnya, para tenaga kesehatan pun kelelahan lantaran tekanan bekerja yang lebih besar.

Di Rumah Sakit Umum Sengkang, wakil ketua divisi obat dan perawatan rawat inap, Dr Melvin Chua mengakui staf klinis hanya punya sedikit waktu untuk mengatur napas, selain duduk dan minum seteguk air atau makan dengan cepat saat waktu istirahat.

Sehingga dia melakukan hal-hal kecil, seperti menyediakan makan siang untuk memastikan stafnya memiliki waktu istirahat yang teratur. Hal itu sengaja dilakukannya agar para tenaga kesehatan itu tidak mogok akibat tekanan kerja yang meningkat.

Baca Juga: Dinkes Riau: Empat Kabupaten Nihil Kasus Covid-19 Harian

“Kita harus, pertama dan terutama, menjaga diri kita sendiri sebelum kita dapat merawat pasien secara memadai," kata Chua, dikutip dari Channel News Asia.

Komentar