alexametrics

Kesulitan Tidur Bisa Jadi Gejala Flu, Begini Cara Mengatasinya

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Kesulitan Tidur Bisa Jadi Gejala Flu, Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi flu. [Pixabay/Mohamed Hassan]

Istirahat dan tidur yang cukup bisa membantu meredakan flu.

Suara.com - Umumnya, flu adalah penyakit pernapasan yang bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi juga bisa membuat beberapa penderitanya mengalami gejala cukup parah.

Gejala flu sendiri bisa bermacam-macam, seperti demam tinggi 38 derajat celcius atau lebih, tubuh terasa sakit, batuk kering, sakit tenggorokan dan sakit kepala.

Beberapa orang juga bisa mengalami kelelahan dan kesulitan tidur. Bahkan, orang-orang tertentu juga bisa kehilangan nafsu makan, diare, sakit perut atau badan terasa sakit.

NHS mengatakan anak-anak juga bisa mengalami gejala flu yang serupa. Tapi dilansir dari Express, anak-anak pun bisa mengalami gejala tambahan lainnya, seperti rasa sakit di telinga dan kurang aktif.

Baca Juga: Lebih dari 50 Persen Penyintas Virus Corona Alami Long Covid-19, Apa Sebabnya?

Jika Anda mengalami demam tinggi, batuk baru yang terus-menerus, kehilangan indera penciuman dan perasa, semua gejala itu bisa menjadi pertanda virus corona Covid-19.

Ilustrasi flu [Joseph Mucira/Pixabay]
Ilustrasi flu [Joseph Mucira/Pixabay]

Anda bisa melakukan tes Covid-19, isolasi mandiri di rumah dan menghindari kontak fisik dengan orang lain sampai hasil tes virus corona Covid-19 keluar.

Tapi, flu disebabkan oleh kelompok virus yang berbeda dengan flu biasa. Gejala flu cenderung lebih parah dan berlangsung lebih lama. Perbedaan utama antara pilek dan flu adalah Anda lebih mungkin mengalami demam dan kedinginan karena flu.

NHS memperingatkan Anda harus berhati-hati untuk minum obat flu tanpa resep dokter, seperti parasetamol dan tablet ibuprofen. Namun, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Badan kesehatan telah menyusun beberapa langkah untuk membantu kondisi Anda lebih cepat membaik, termasuk istirahat dan tidur yang cukup, tetap hangat dan minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

Baca Juga: Peneliti: Anak-Anak Bisa Jadi Sumber Penyebaran Varian Virus Corona Covid-19

Vaksin flu juga sedang ditawarkan kepada mereka yang rentan menderita parah akibat flu. Apalagi, sekarang ini banyak orang lebih rentan terhadap flu karena tingkat kekebalan tubuh yang rendah.

Jika Anda pernah menderita virus corona Covid-19, aman untuk mendapatkan suntikan vaksin flu. Langkah ini akan tetap efektif membantu mencegah flu.

Beberapa orang mungkin memenuhi syarat untuk suntik vaksin flu dan suntik booster vaksin Covid-19. NHS mengatakan vaksin flu adalah vaksin yang aman dan efektif. Karena itu, vaksin flu selalu ditawarkan setiap tahunnya.

Komentar