alexametrics

Sekelompok Peneliti Sedang Mencari Orang yang Mungkin Kebal Covid-19, Anda Termasuk?

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Sekelompok Peneliti Sedang Mencari Orang yang Mungkin Kebal Covid-19, Anda Termasuk?
Ilustrasi Covid-19 [Foto: Antara]

Mereka akan melakukan studi tentang genetik yang resisten terhadap Covid-19.

Suara.com - Setiap orang berbeda, bahkan dalam 0,1 persen genetik mereka. Inilah yang menentukan semua perbedaan, mulai dari cara pandang hingga kekebalan terhadap suatu penyakit, termasuk Covid-19.

Semakin banyak hal yang diketahui mengenai gen khusus ini, maka semakin para ilmuwan bisa membuat obat dengan meniru perbedaan genetik tersebut menjadi sesuatu yang bisa menyelamatkan nyawa.

Berangkat dari ide ini, sekelompok peneliti yang dipimpin oleh ahli imunologi Evangelos Andreakos dari Akademi Athena sedang mencari kandidat untuk studinya untuk mencari orang-orang yang kebal terhadap infeksi SARS-CoV-2.

"Menyebarnya SARS-CoV-2 di masyarakat dalam skala global telah memberikan gambaran lain tentang variabilitas klinis antar masing-masing orang dalam perjalanan infeksi, mulai dari penderita bergejala ringan hingga yang terancam jiwanya," kata Andreakos, lapor Science Alert.

Baca Juga: Jember Terima Tambahan Vaksin Covid-19 Sebanyak 140 Ribu Dosis

Ia melanjutkan, "Pemahaman kami tentang patofisiologi Covid-19 telah berkembang pesat sejak penyakit ini pertama kali diketahui pada Desember 2019, tetapi kami masih tahu sedikit tentang dasar genetik dan imunologis manusia dari resistensi bawaan terhadap SARS-CoV-2.

Patofisiologi merupakan studi tentang bagaimanaya suatu penyakit memengaruhi sistem tubuh.

"Meski kita tidak memiliki banyak informasi tentang resistensi bawaan ini, bukan berarti hal itu tidak ada," sambungnya.

Peneliti mencatat, terkadang ada kasus di mana sebagian besar keluarga terinfeksi Covid-19, tetapi entah bagaimana ada anggota yang bisa terhindari dari penyakit ini.

Ilustrasi covid-19. (Pexels)
Ilustrasi covid-19. (Pexels)

Ada beberapa penelitian serius tentang hal ini, tetapi hasilnya hanya mengungkap perbedaan kecil. Salah satu contohnya, ada laporan tahun lalu bahwa ada golongan darah (terutama golongan O) tampaknya menunjukkan sedikit resistensi terhadap Covid-19 parah.

Baca Juga: Wapres Minta NU Turut Perangi Narasi Hoaks Mengenai Pandemi Covid-19

Merasa belum cukup, peneliti mencoba mencari tahu gen spesifik yang kebal terhadap Covid-19.

"Kami mengusulkan strategi untuk mengidentifikasi, merekrut, dan menganalisis secara genetik orang yang secara alami resisten terhadap infeksi SARS-CoV-2,” tulis tim peneliti.

Rencananya, mereka akan fokus pada kontak antar keluarga, kemudian mempertimbangkan orang yang terpapar Covid-19 tanpa alat pelindung diri.

Kemudian mereka akan mengetes PCR dan tes darah yang seharusnya hasilnya negatif dalam empat minggu setelah paparan.

"Kami telah mendaftarkan lebih dari 400 orang yang memenuhi kriteria untuk dimasukkan dalam kelompok studi resistensi khusus. Pendaftaran kolaboratif peserta studi terus berlanjut, dan subjek dari seluruh dunia dipersilakan," tandas mereka.

Komentar