alexametrics

Punya Kelainan Genetik, Wajah Remaja Ini Terlihat Seperti Nenek Umur 50-an

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Punya Kelainan Genetik, Wajah Remaja Ini Terlihat Seperti Nenek Umur 50-an
Gadis remaja terlihat seperti nenek umur 50-an. (Youtube/GMA Public Affairs)

Satu-satunya keinginan Raizel adalah kembali normal.

Suara.com - Seorang gadis remaja berusia 16 tahun terlihat seperti nenek berusia 50-an dalam rentang waktu yang cukup singkat,  dua tahun. Menyadur GMA Network Jumat (8/10/2021) kelainan genetik langka ini bernama progeria.

Dalam sebuah episode "Kapuso Mo, Jessica Soho," Raizel Calago mengatakan dia ikut kontes kecantikan sejakberusia 14 tahun karena penampilannya yang dewasa.

Sayangnya, wajah, leher, lengan, dan perutnya mulai keriput hanya beberapa hari setelah dia menyadari bahwa dia memiliki ruam di tubuhnya.

"Ini seperti kulit pare karena sangat keriput," kata Raizel dalam bahasa Filipina. "Saya memiliki bercak yang mulai menjadi merah dan gatal. Sangat menyakitkan untuk disentuh," tambahnya.

Baca Juga: Poliosis: Kelainan Genetik Bak Rambut Kekinian

Dokter pernah memberitahu penyebabnya adalah serangga dan diberi obat, tapi tidak ada efeknya.

Selain perubahan fisik, Raizel mengatakan dia juga menderita sakit punggung ketika dia mencondongkan tubuhnya untuk waktu yang lama dan berdiri kembali.

Orang-orang berkomentar dia terlihat seperti berusia 50 tahun dan ibunya, Joela (36) jadi tampak lebih muda darinya. "Sangat menyakitkan ketika mereka memberi tahu saya bahwa putri saya terlihat lebih tua dari saya," ujar Joela.

Sejak saat itu, Raizel mulai keluar dengan wajah dan tubuh tertutup masker, celana, dan jaket—bahkan sebelum pandemi dimulai.

Satu-satunya keinginan Raizel adalah kembali normal. "Saya selalu berdoa agar menjadi lebih baik dan kulit serta penampilan saya yang lama akan kembali."

Baca Juga: Mengenal Teknologi Fetomaternal, Cara Pemeriksa Kelainan Genetik pada Janin

Gadis remaja terlihat seperti nenek umur 50-an. (Youtube/GMA Public Affairs)
Gadis remaja terlihat seperti nenek umur 50-an. (Youtube/GMA Public Affairs)

Dokter yang menangani Raizel, Dr. James Young mengatakan diagnosis awalnya adalah progeria. "Kami hanya memiliki sekitar 200 kasus yang terdokumentasi di seluruh dunia," kata Young.

Ketika ditanya apakah masih ada kesempatan bagi Raizel untuk kembali ke dirinya yang lebih muda, Young mengatakan tidak ada yang bisa dilakukan tentang hal itu.

"Ini akan terus berlanjut. Satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah mengobati kardiovaskular serta masalah tulang (jika ada)," katanya.

Komentar