alexametrics

Studi Baru: Transplantasi Organ Babi ke Manusia Menampakkan Hasil

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Studi Baru: Transplantasi Organ Babi ke Manusia Menampakkan Hasil
Ilustrasi babi (Shutterstock).

Tetapi sebenarnya, ada beberapa rintangan dalam menggunakan organ babi sebagai transplantasi.

Suara.com - Peneliti mulai melihat titik terang dalam menggunakan ginjal babi untuk ditransplantasikan ke organ tubuh manusia. Selama ini, babi telah menjadi fokus penelitian terbaru untuk mengatasi kekurangan organ.

Tetapi sebenarnya, ada beberapa rintangan dalam menggunakan organ babi sebagai transplantasi. Yakni adanya gula dalam sel babi yang asing bagi tubuh manusia, menyebabkan penolakan organ secara langsung.

Ginjal dalam percobaan ini berasal dari hewan yang genetiknya sudah direkayasa untuk menghilangkan kandungan gulanya dan menghindari penolakan, lapor Medical Xpress.

Dalam studi ini, ahli bedah menempelkan ginjal babi ke sepasang pembuluh darah besar di luar tubuh penerima, pasien yang sedang koma. Kemudian mereka mengamatinya selama dua hari.

Baca Juga: Kevin Aprilio Ungkap Niatan Buka Bisnis Transplantasi Rambut

Ilustrasi babi. [PIxabay/Roy Buri]
Ilustrasi babi. [PIxabay/Roy Buri]

Tubuh menerima berasal dari seorang wanita yang mengalami koma akibat sakit parah. Keluarganya telah setuju untuk memberikan tubuh sang wanita untuk penelitian ini.

Selama studi, ahli melihat ginjal tersebut berfungsi sebagai mana mestinya, menyaring limbah dan memproduksi urine. Organ babi ini juga tidak memicu penolakan.

"Fungsinya benar-benar normal. Itu tidak memiliki penolakan langsung seperti yang kami khawatirkan," jelas ahli bedah Dr. Robert Montgomery dari NYU Langone Health.

Menurut peneliti, babi memiliki keunggulan dibandingkan monyet dan kera, salah satunya organ yang sebanding dengan manusia.

Di sisi lain, beberapa perusahaan biotek telah mengembangkan organ babi yang cocok untuk transplantasi, guna membantu meringankan kekurangan organ manusia.

Baca Juga: Tampil Beda dengan Brewok, Ini 8 Potret Macho Kevin Aprilio Usai Transplantasi Rambut

Komentar