alexametrics

Ahli Nutrisi Berikan 5 Manfaat Mengonsumsi Telur, Apa Saja?

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Ahli Nutrisi Berikan 5 Manfaat Mengonsumsi Telur, Apa Saja?
Ilustrasi telur. (Elements Envato)

Diceplok, didadar, atai dibuat omelette, mana olahan telur yang jadi favorit Anda?

Suara.com - Rasanya, telur menjadi salah satu makanan yang paling sering disantap oleh masyarakat dunia. Mulai dari dadar telur, telur ceplok, hingga omelet telur, lauk yang satu ini memang mudah dikreasikan menjadi berbagai jenis makanan.

Telur memiliki nilai protein yang berguna bagi kesehatan Anda. Seperti diungkap oleh Ahli Gizi Nmami Agarwal, kuning telur memiliki nutrisi yang tinggi.

“Tapi, jika Anda memakannya secara bersamaan, itu memberikan keseimbangan protein, lemak, dan kalori yang tepat,” ungkap Nmami, seperti dilansir dari Times Of India.

Selain itu, ahli gizi tersebut memberikan lima manfaat dari mengonsumsi telur. Apa saja?

Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami: Teatree Oil Hingga Lidah Buaya

1. Membantu meningkatkan kolesterol baik
Telur disebut dapat membantu meningkatkan kolesterol baik. Hal ini membuat telur dapat menurunkan risiko beberapa penyakit kardiovaskular, mulai dari stroke hingga jantung.

2. Baik untuk kesehatan mata
Jarang yang tahu bahwa telur memiliki vitamin A yang disebut baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Kurang mengonsumsi vitamin A, risikonya bisa menyebabkan kebutaan pada anak-anak.

Mengonsumsi telur setiap hari, ini dapat meningkatkan kadar zeaxanthin dan lutein dalam darah yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

3. Baik untuk kesehatan otak
Satu butir telur memiliki 125,5 mg kolin, yaitu sekitar ¼ dari yang Anda butuhkan dalam sehari. Dari kandungan kolin yang ada di telur, jumlah ini dapat meningkatkan kesehatan jantung serta otak.

Tak hanya itu, telur juga membantu untuk mengatur memori dan suasana hati, serta membantu fungsi kognitif seperti memori visual dan memori verbal.

Baca Juga: Goreng Telur Bulat-Bulat dengan Cangkangnya, Hasilnya Bikin Syok

4. Menurunkan risiko kanker payudara
Sebuah studi dari Universitas Harvard mengungkap bahwa mengonsumsi telur dapat menurunkan risiko kanker payudara. Manfaat ini akan bekerja lebih baik jika Anda mengonsumsi telur selama masa remaja.

Lewat survei yang dilakukan pada penelitian ini, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi enam telur setiap minggu, memiliki risiko rendah kanker payudara 44 persen, dibanding mereka yang hanya makan sedikit atau tidak sama sekali.

5. Membantu menurunkan berat badan
Kandungan protein yang tinggi dalam telur disebut dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan protein pada telur ini akan membantu Anda kenyang lebih lama. Tak hanya itu saja, telur dapat meningkatkan metabolisme yang dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Komentar