alexametrics

Selain Diet, Makan Buah Ini Bisa Bantu Bakar Lemak Visceral yang Berbahaya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Selain Diet, Makan Buah Ini Bisa Bantu Bakar Lemak Visceral yang Berbahaya!
lemak perut, lemak visceral (Pixabay/jarmoluk)

Makan satu buah blueberry dengan antioksidan tinggi bisa membantu membakar lemak visceral atau lemak perut.

Suara.com - Lemak visceral termasuk lemak di dalam rongga perut dan di antara organ-organ vital tubuh. Kondisi ini sering diartikan sebagai efek penuaan yang tidak bisa dihindari dan sumber dari berbagai masalah kesehatan yang mengancam jiwa.

Salah satu cara mengatasi lemak visceral yang efektif adalah diet dan makan satu buah yang memiliki efek kuat untuk membakar lemak visceral secara khusus.

Sebuah penelitian telah menunjukkan manfaat nutrisi dari blueberry untuk membantu meningkatkan sirkulasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kadar gula darah yang sehat.

Dalam satu penelitian yang dilakukan pada tikus, peneliti menemukan blueberry juga bisa membantu membakar lemak berbahaya yang berada di sekitar bagian tengah tubuh.

Baca Juga: Studi Suntik Vaksin Flu Bisa Cegah Infeksi Parah Virus Corona Covid-19

Pada percobaan ini, para peneliti memberi makan tikus buah blueberry selama 90 hari. Hasilnya, tikus-tikus yang makan blueberry kehilangan lebih banyak lemak perut atau lemak visceral.

Ilustrasi lemak perut, lemak visceral. (Pixabay//BrunoGermany)
Ilustrasi lemak perut, lemak visceral. (Pixabay//BrunoGermany)

Para peneliti percaya antioksidan dalam buah blueberry inilah yang membantu mengontrol glukosa dalam tubuh dan memetabolisme lemak tubuh.

E. Mitchell Seymour, dari University of Michigan's Cardioprotection Research Laboratory, mengatakan blueberry bisa membantu membakar lemak perut, bahkan ketika seseorang menjalani diet tinggi lemak.

Blueberry bekerja dengan cara mempengaruhi gen yang mengatur pembakaran dan penyimpanan lemak. Pada akhirnya, buah yang tinggi antioksidan ini bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.

“Manfaat makan buah dan sayuran telah diteliti dengan baik, tetapi temuan kami sehubungan dengan blueberry menunjukkan bahan kimia alami di dalamnya, seperti anthocyanin bisa membantu mengurangi masalah kesehatan ini," kata Steven Bolling, dari University of Michigan dikutip dari Express.

Baca Juga: Peneliti: Suntikan Booster Vaksin Pfizer Beri Tingkat Perlindungan Penuh!

Sebuah penelitian terpisah menemukan bahwa buah ini juga dapat menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar gula darah. Blueberry dikenal luas karena kandungan antioksidannya yang tak tertandingi. Flavonoid ini sangat efisien dalam memerangi peradangan dalam tubuh.

Bahaya lemak visceral

Pembentukan lemak visceral disebabkan oleh hormon dan genetik. Sel-sel lemak yang berada di rongga perut secara biologis aktif. Hal inilah yang menyebabkan lemak visceral mengganggu keseimbangan normal dan fungsi berbagai hormon dalam tubuh.

Lemak mengeluarkan bahan kimia yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dengan merusak sensitivitas sel terhadap insulin, tekanan darah dan pembekuan darah.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti mengatakan blueberry mengandung sejumlah besar fitokimia, termasuk pigmen antosianin yang melimpah.

"Dari varian fitokimia mereka, anthocyanin mungkin membuat dampak terbesar pada fungsi kesehatan," katanya.

Studi epidemiologi mengaitkan asupan blueberry dan/atau antosianin secara teratur dan moderat dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, kematian, dan diabetes tipe 2, serta peningkatan berat badan dan perlindungan saraf.

Komentar