alexametrics

Studi Suntik Vaksin Flu Bisa Cegah Infeksi Parah Virus Corona Covid-19

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Studi Suntik Vaksin Flu Bisa Cegah Infeksi Parah Virus Corona Covid-19
Ilustrasi vaksin flu (pexels.com)

Penelitian menemukan suntik vaksin flu bisa mencegah infeksi parah akibat virus corona Covid-19.

Suara.com - Para ahli telah menyarankan semua orang untuk suntikan vaksin flu, yang sama pentingnya dengan vaksin Covi-19. Karena, musim flu di tengah pandemi virus corona Covid-19 ini bisa meningkatkan risiko infeksi parah.

Terlebih, bila Anda terinfeksi virus corona Covid-19 sekaligus flu yang bisa berkembang menjadi penyakit pernapasan parah. Karena itu, para ahli menyarankan semua orang untuk suntik vaksin flu sekaligus vaksin Covid-19.

Meskipun vaksin flu dan vaksin Covid-19 bekerja melawan virus dengan cara berbeda, tapi kedua vaksin itu bisa menjadi tindakan pencegahan tepat untuk menurunkan risiko penyakit lainnya.

Sama halnya tindakan pencegahan selama pandemi virus corona yang membantu menurunkan risiko flu tahun lalu, ada beberapa bukti yang menunjukkan kalau vaksin flu bisa membantu mencegah infeksi virus corona Covid-19 yang parah dan membantu pemulihan lebih cepat.

Baca Juga: Duh! Lebih Cepat Menular, Rusia Melaporkan Terdapat Virus Corona Varian Baru

Stud baru dalam jurnal medis PLOS yang melibatkan lebih dari 37 ribu pasien, memeriksa parameter kesehatan penting dan risiko rawat inap pasien yang positif virus corona Covid-19, terutama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah suntik vaksin flu.

Ilustrasi Vaksin Covid-19, vaksin flu. (Pexels// Artem Podrez)
Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pexels// Artem Podrez)

Pengamatan ini menemukan bahwa suntik vaksin flu tidak hanya efektif mencegah flu secara signifikan, tetapi juga mampu mengurangi risiko seseorang mengalami gejala parah ketika terinfeksi virus corona Covid-19 hingga 120 hari setelah vaksinasi.

Secara khusus dilansir dari Times of India, suntik vaksin flu bisa mencegah risiko rawat inap akibat virus corona Covid-19 bagi sebagian orang. Bahkan, vaksin ini bisa menurunkan risiko komplikasi akibat virus corona, seperti sepsis, trombosis vena dalam dan lamanya seseorang rawat inap di rumah sakit.

Namun, perlu diingat bahwa vaksin flu tidak sepenuhnya mengurangi semua risiko terkait virus corona Covid-19. Seseorang masih bisa terinfeksi virus corona Covid-19 dan mungkin parah, karena belum suntik vaksin Covid-19 atau memiliki penyakit penyerta.

Menurut dokter, suntik vaksin flu juga sangat penting di tengah pandemi virus corona Covid-19. Karena, suntik vaksin flu akan membantu mengurangi risiko koinfeksi, yaitu kemungkinan tertular virus corona dan flu secara bersamaan.

Baca Juga: CDC: Vaksin Pfizer 93 Persen Efektif Turunkan Risiko Rawat Inap pada Remaja

Komentar