alexametrics

Jangan Hindari Makan Nasi, Ini Lho 5 Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Hindari Makan Nasi, Ini Lho 5 Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi makan nasi. (Shutterstock)

Banyak orang menghindari makan nasi karena takut berat badan naik, padahal memiliki banyak manfaat kesehatan.

Suara.com - Banyak orang menghindari makan nasi karena berusaha menurunkan atau menjaga berat badan yang ideal. Mereka menganggap seolah-olah nasi adalah musuh terbesar yang bisa menyebabkan peningkatan berat badan seketika.

Faktanya, nasi bukanlah satu-satunya penyebab kenaikan berat badan. Bahkan, makan nasi tidak sepenuhnya buruk untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Menurut ahli gizi India, Rujuta Diwekar, nasi justru memiliki banyak manfaat kesehatan yang tak terduga. Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk tetap makan nasi.

1. Mudah dicerna

Baca Juga: Konsumsi Suplemen Ini Bisa Lindungi Tubuh dari Virus Corona Covid-19

Nasi salah satu makanan yang mudah dicerna dan ringan di perut. Makan nasi bisa membantu Anda tidur lebih baik dan menyeimbangkan hormon yang dibutuhkan orang tua maupun anak muda.

Ilustrasi makan nasi. (Shutterstock)
Ilustrasi makan nasi. (Shutterstock)

2. Menjaga kesehatan kulit

Makan nasi juga baik untuk kesehatan kulit, karena membantu menyamarkan pori-pori yang membesar dengan kadar prolactin yang tinggi di dalamnya.

3. Menjaga kesehatan rambut

Makan nasi bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Karena, nasi bisa membantu mempertahankan dan memperbaiki rambut yang rusak akibat gangguan tiroid.

Baca Juga: Lansia Tertua Berusia 102 Tahun di Kota Tegal Ikuti Vaksinasi Covid-19

4. Sumber prebiotik

Nasi juga salah satu makanan yang merupakan sumber prebiotik. Makan nasi tidak hanya membuat Anda kenyang, tetapi juga baik untuk ekosistem mikroba (usus) yang beragam di dalam diri Anda.

5. Mengontrol kadar gula darah

Makan nasi tidak hanya dipercaya bisa meningkatkan berat badan, tetapi juga meningkatkan kadar gula darah. Faktanya, makan nasi bisa membantu mengontrol kadar gula darah tetap stabil bila dikonsumsi bersama kacang polong, daging atau sejenisnya.

Komentar