alexametrics

Oddie Agam Meninggal, Ini 3 Cara Cegah Serangan Stroke yang Bahayakan Nyawa

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Oddie Agam Meninggal, Ini 3 Cara Cegah Serangan Stroke yang Bahayakan Nyawa
Oddie Agam [Sumber foto: Sendy Kurniawan @sendykr]

Kabar duka menyelimuti tanah air, penyanyi Oddie Agam meninggal pada Rabu (27/10/2021) dan diketahui punya riwayat sakit stroke pada 2017 lalu.

Suara.com - Kabar duka menyelimuti tanah air, penyanyi Oddie Agam meninggal pada Rabu (27/10/2021) dan diketahui punya riwayat sakit stroke pada 2017 lalu.

Beberapa hari setelah menjalani perawatan, istri Oddie Agam mengatakan kondisi sang suami sempat membaik. Bahkan pelantun Akhirnya itu bisa merespons ucapan dari dokter dan tim medis lainnya.

Namun kondisinya kian memburuk, dan diketahui hasil pemeriksaan dokter, Oddie Agam bukan hanya menderita stroke. Tetapi juga terkena komplikasi, termasuk sakit ginjal.

Stroke sendiri adalah jondisi terjadinya gangguan atau berkurangnya pasokan darah ke otak, bisa disebabkan akibat penyumbatan yaitu stroke iskemik atau pecahnya pembuluh darah yakni stroke hemoragik.

Baca Juga: Oddie Agam Meninggal Dunia, Sempat Dirawat karena Gangguan Ginjal

Oddie Agam [Instagram]
Oddie Agam [Instagram]

Hal yang perlu diawasi adalah risiko serangan stroke kambuh yang bisa menyebabkan kecacatan, apabila tidak segera mendapatkan pertolongan pertama.

Selain itu, penderita stroke juga harus menjaga pola hidupnya, agar tidak terjadi serangan stroke kedua dan seterusnya yang berisiko lebih berat dan lebih berbahaya.

Berikut ini tiga cara mencegah serangan stroke kedua, mengutip Hopkins Medicine, Rabu (27/10/2021).

1. Berhenti merokok

Meskipun sangat banyak penyakit yang disebabkan dan diperparah karena rokok. Namun untuk penyakit stroke bisa sangat berbahaya karena menyebabkan pembuluh darah di otak mengalami tekanan, dan memperparah kondisi penderita stroke.

Baca Juga: Panggung Hiburan Tanah Air Berduka, Pencipta Lagu Surat Cinta, Oddie Agam Wafat

2. Rutin mengonsumsi obat

Komentar