alexametrics

Ini 6 Makanan Penyebab Asam Urat, Wajib Dihindari!

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ini 6 Makanan Penyebab Asam Urat, Wajib Dihindari!
Ilustrasi lobster saus tiram. (Envato Elements/Yakov Oskanov)

Apa saja makanan penyebab asam urat yang sebaiknya jangan nekat dikonsumsi?

Suara.com - Siapa dari Anda yang membaca artikel ini karena memiliki keluhan asam urat? Tentu saja, artikel ini secara gamblang akan menyajikan sederet asupan yang tidak direkomendasikan untuk disantap karena masuk dalam golongan makanan penyebab asam urat.

Dirangkum dari berbagai sumber, mari simak daftar makanan yang perlu dihindari penderita asam urat!

Makanan Penyebab Asam Urat

Jeroan

Baca Juga: Perempuan, Ini Langkah-langkah Hadapi Masalah Kesehatan Kanker Payudara

Jenis makanan penyebab asam urat yang pertama adalah jeroan. Hindari segala jenis jeroan, mulai dari otak, hati, usus, limpa, jantung, paru, hingga ginjal.

Daging merah, daging mentah. (Shutterstock)
Daging merah. (Shutterstock)

Daging Merah

Jenis makanan kedua yang wajib dihindari oleh Anda adalah makanan dengan bahan daging merah. Antara lain daging sapi, daging domba, daging kambing, daging kerbau, dan daging kuda. Kandungan purin yang tinggi menjadi alasan utamanya.

Seafood

Ketiga, beragam jenis seafood yang ada di banyak restoran. Memang rasanya sangat nikmat, namun risikonya adalah memicu asam urat naik sehingga akan menimbulkan masalah kesehatan. Beberapa makanan yang wajib dihindari adalah kerang, udang, lobster, remis, teri, serta sarden.

Baca Juga: 5 Makanan yang Mengandung Protein, Baik untuk meningkatkan Kekebalan Tubuh

Durian

Tak selamanya berdampak baik untuk kesehatan. Nyatanya, 'raja buah' satu ini menjadi salah satu makanan yang harus dihindari oleh Anda yang memiliki risiko asam urat. Memang rasanya demikian nikmat, tapi jika ingin tetap sehat, sebaiknya hindari buah durian, ya!

ilustrasi durian, buah durian. [Envato Elements]
ilustrasi durian, buah durian. [Envato Elements]

Daging Ayam

Ya, secara mengejutkan, daging ayam ternyata juga jadi salah satu makanan yang dapat memicu asam urat. Ini terlebih pada bagian dada dan kulitnya yang memiliki kandungan Purin cukup tinggi. Jadi, konsumsi daging ayam sebaiknya dikurangi.

Makanan dengan Kandungan Lemak Tinggi

Terakhir adalah segala makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Segala jenis makanan yang mengandung lemak tinggi dapat memicu naiknya asam urat sehingga membuat rasa nyeri begitu tak tertahankan. Jadi meskipun lezat, tetap kontrol jumlahnya, ya!

Itulah beberapa makanan penyebab asam urat yang wajib dihindari. Sekedar informasi, ada baiknya Anda melakukan kontrol ke dokter agar mendapatkan rekomendasi makanan terbaik sehingga kadar asam urat tetap terkontrol. Selamat menjalani hari dan semoga bermanfaat!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar