alexametrics

Rony Dozer Punya Riwayat Diabetes, Ini Hubungannya dengan Kolesterol

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Rony Dozer Punya Riwayat Diabetes, Ini Hubungannya dengan Kolesterol
Rony Dozer [Ismail/Suara.com]

Rony Dozer juga memiliki riwayat penyakit diabetes sebelum mengeluh alami kolesterol tinggi.

Suara.com - Rony Dozer sempat mengalami kolesterol tinggi sebelum meninggal dunia pada Kamis (11/11/2021) malam. Ia mengalami kenaikan kadar kolesterol setelah makan nasi padang.

Rony Dozer juga sempat mengabarkan dirinya tidak enak badan pada sahabatnya, Rency Milano. Rency Milano juga mengatakan kalau Rony Dozer pun memiliki riwayat diabetes.

"Dia bilang habis makan nasi padang. Habis makan padang kolesterol naik. Padahal sakitnya ada juga gula," kata Rency dihubungi pada Kamis (11/11/2021).

Diabetes bisa memberikan efek negatif pada kadar kolesterol seseorang. Asosiasi Jantung Amerika (AHA) menyatankan bahwa diabetes bisa menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai dislipidemia diabetik.

Baca Juga: WHO: Semua Orang Harus Hidup Berdampingan dengan Virus Corona Covid-19

Penelitian yang lama menunjukkan bahwa dyslipidemia diabetik memiliki hubungan dengan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) yang lebih rendah dan peningkatan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL), dan trigliserida.

Ilustrasi diabetes. [Dok.pixabay/stevepb]
Ilustrasi diabetes. [Dok.pixabay/stevepb]

Saat kadar kolesterol jahat (LDL) ini terlalu tinggi, kolesterol LDL bisa membentuk plak yang sempit atau menyumbat pembuluh darah. Akibatnya, orang memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular atau stroke.

Menurut studi baru dilansir dari Medical News Today, penderita diabetes bisa tetap berada pada peningkatan risiko penyakit jantung dengan kadar glukosa darah yang terkontrol baik. Para peneliti juga menyatakan bahwa seseorang dapat meningkatkan kesehatan koroner mereka dengan mengurangi kadar kolesterol mereka.

Resistensi Insulin dan Perubahan Kolesterol

Setelah makan, karbohidrat dipecah menjadi glukosa oleh sistem pencernaan Anda. Kemudian dilansir dari Very Well Health, glukosa ini diserap melalui dinding usus Anda ke dalam aliran darah.

Baca Juga: Waspadai Gejala Serangan Jantung Ringan, dari Sendawa hingga Mulas!

Insulin merupakan hormon yang dibuat oleh pankreas yang menjadi pengatur utama metabolisme karbohidrat dan membawa glukosa ke berbagai sel, sehingga mereka memiliki energi untuk berfungsi dan melakukan tugasnya.

Insulin juga bertugas memblokir pemecahan lemak menjadi asam lemak (lipolisis) di dalam tubuh. Resistensi insulin terjadi ketika sel menjadi kurang responsif terhadap proses ini. Akibatnya, gula darah meningkat sehingga dianggap sebagai prekursor pra-diabetes dan diabetes tipe 2.

Lemak juga dipecah di dalam tubuh pada tingkat yang tinggi. Pada akhirnya, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai perubahan kolesterol. Secara khusus, resistensi insulin menurunkan HDL dan menaikkan trigliserida serta LDL.

Komentar