facebook

Anda Lebih Dominan Otak Kanan atau Otak Kiri? Coba Cek Ciri-cirinya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Anda Lebih Dominan Otak Kanan atau Otak Kiri? Coba Cek Ciri-cirinya!
Ilustrasi otak manusia (Elements Envato)

Setiap orang memiliki otak yang lebih dominan dan ini mempengaruhi perilaku serta cara berpikir.

Suara.com - Otak salah satu organ inti tubuh manusia yang berfungsi melakukan banyak hal. Otak berfungsi mengontrol tindakan, refleks, kata-kata yang keluar dari mulut dan lainnya.

Otak merupakan pusat dari semua fungsi tubuh yang mengontrol dan mendefinisikan kepribadian kita.

Secara ilmiah, otak kita terbagi menjadi dua bagian, yakni otak kiri dan otak kanan yang memiliki peran serta kemampuan masing-masing. Kedua bagian otak ini juga memiliki fungsi berbeda-beda, tetapi tetap bergantung satu sama lain.

Sebuah teori mengatakan bahwa orang mungkin lebih dominan otak kanan atau otak kiri, tergantung pada karakteristik tertentu yang mereka pegang. Sisi otak yang paling dominan inilah yang membantu mengatur pikiran, tindakan, gerak tubuh, dan perilaku seseorang.

Baca Juga: Di Amerika Serikat, Semua Orang Dewasa Boleh Disuntik Vaksin Booster

Teori otak kiri dan otak kanan pertama kali berasal dari Roger W. Sperry. Ia mengatakan bahwa setiap bagian otak dikaitkan dengan berbagai jenis pemikiran.

Ilustrasi otak manusia (Elements Envato)
Ilustrasi otak manusia (Elements Envato)

Seseorang mungkin lebih menyukai satu jenis pemikiran tergantung pada sisi otak yang lebih dominan. Artinya, Anda yang dominan otak kiri akan lebih logis, pragmatis dan objektif. Sedangkan, orang yang dominan otak kanan biasanya lebih kreatif dan perhatian.

Meskipun dilansir dari Times of India, secara ilmiah otak manusia ini terbagi menjadi dua sisi atau dua belahan. Tapi, keduanya saling berhubungan dan bergantung satu sama lain.

Otak sisi kiri mengontrol otot-otot di sebelah kanan dan sebaliknya. Karena itulah, kerusakan pada satu sisi otak juga akan mempengaruhi sisi otak lainnya.

Sebagian besar peneliti percaya bahwa teori itu sendiri adalah mitos. Menurutnya, hanya dengan gabungan fungsi kedua sisi otak yang sehat, orang dapat mencapai potensi penuh mereka. Tapi, teori tersebut masih tetap bertahan sampai sekarang.

Baca Juga: Delapan Juta Vaksin Tiba di Tanah Air, Percepatan Vaksinasi lebih Optimal

Anda pun bisa mendeteksi diri sendiri atau orang di sekitar dominan otak kanan dan kiri dengan memperhatikan tanda-tanda berikut.

Karakteristik orang dominan otak kanan

Berdasarkan teori dominasi otak kanan dan otak kiri, orang yang lebih menggunakan otak kanan biasanya sadar akan tindakan dan emosi mereka. Berikut ini, ciri-ciri seseorang lebih dominan otak kanan.

  1. Kreatif dan ekspresif
  2. Hebat dalam membaca orang
  3. Imajinatif dan artistik
  4. Intuitif dan memiliki ingatan yang hebat

Karakteristik orang dominan otak kiri

Sementara itu, orang yang dominan otak kiri biasa lebih analitis, objektif, dan praktis. Mereka sangat jago dengan pekerjaan yang membutuhkan penalaran dan rasionalitas. Berikut ini, beberapa karakteristik orang yang dominan otak kiri.

  1. Logis
  2. Hebat dalam berpikir kritis
  3. Efisiensi linguistik dan keterampilan bahasa yang baik
  4. Mampu berhitung

Komentar