facebook

Angka Infeksi Virus Corona Delta Naik, China Batasi Akses Masuk Orang dari Daerah Ini

Risna Halidi | Lilis Varwati
Angka Infeksi Virus Corona Delta Naik, China Batasi Akses Masuk Orang dari Daerah Ini
Ilustrasi virus varian delta [Foto: Antara]

Sebanyak 1.308 kasus infeksi Covid-19 terjadi secara lokal di China antara 17 Oktober sampai 14 November 2021.

Suara.com - Paparan infeksi virus corona Covid-19 varian Delta makin meningkat di China. Akibatnya, beberapa daerah memutuskan untuk membatasi orang-orang dari kota Timur Laut yang menjadi pusat infeksi varian Delta dalam seminggu terakhir.

Sebanyak 1.308 kasus baru terjadi secara lokal di China antara 17 Oktober sampai 14 November.

Jumlah itu lebih banyak dibandingkan 1.280 kasus lokal akibat virus corona varian Delta pada musim panas lalu, menurut perhitungan Reuters berdasarkan data resmi pemerintah setempat.

Lonjakan kasus tersebut menjadi wabah varian Delta paling parah di China.

Baca Juga: Update 13 November: Tambah 359 Kasus, Total Kasus Covid-19 RI Jadi 4.097.675 Orang

Sebanyak 21 provinsi, wilayah, dan kotamadya telah terpapar varian tersebut. Meski jumlahnya memang lebih kecil dibandingkan wabah serupa di negara lain, tetapi China tetap berambisi untuk memutus penularan hingga bisa mencapai nol kasus.

Belasan wilayah di tingkat provinsi dikabarkan telah menekan lonjakan penularan infeksi virus corona varian Delta dalam beberapa minggu. 

Pencegahan itu dilakukan dengan cepat melalui serangkaian pembatasan yang ketat, termasuk pelacakan kontak, tes Covid-19 terhadap pengunjung di area berisiko, penutupan tempat hiburan dan budaya, juga pembatasan di lokasi wisata dan transportasi umum.

Pusat penularan virus corona varian Delta terjadi di kota bagian timur laut, Dalian. Pasien pertama varian Delta di Dalian dilaporkan pada 4 November lalu.

Hingga saat ini, kota berpenduduk 7,5 juta orang itu telah mendeteksi rata-rata sekitar 24 kasus lokal baru per hari, lebih banyak daripada kota-kota lain di China, menurut perhitungan Reuters.

Baca Juga: BPOM Eropa Beri Izin Penggunaan Darurat untuk Obat COVID-19 Regeneron dan Celltrion

Akibatnya, Dalian saat ini berada dalam status penguncian wilayah yang ketat. Selain itu, beberapa kota di dekat Dalian, termasuk Dandong, Anshan, dan Shenyang, memberlakukan bahwa orang-orang yang datang dari Dalian harus dikarantina di fasilitas terpusat selama 14 hari sebelum dapat bergerak bebas.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar