alexametrics

Perubahan Tekstur dan Warna Kuku Bisa Jadi Pertanda Kanker, Cek Sekarang!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Perubahan Tekstur dan Warna Kuku Bisa Jadi Pertanda Kanker, Cek Sekarang!
Ilustrasi kuku (Meow Wii/Shutterstock)

Beberapa perubahan pada tampilan kuku bisa menandakan kanker dan penyakit lainnya.

Suara.com - Kuku merupakan bagian integral dari tubuh yang membantu melindungi jari tangan dan kaki. Sehingga kita bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti menggaruk atau memungut sesuatu.

Anda pun bisa mendeteksi suatu penyakit dari tampilan kuku. Karena, kuku juga termasuk bagian tubuh yang mendapatkan aliran darah dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Anda mungkin sering mengabaikan perubahan warna kuku karena mengganggapnya tidak berbahaya. Tapi, perubahan warna kuku bisa menjadi pertanda penyakit kronis, seperti kanker.

Perubahan kuku bisa terjadi pada semua orang, tergantung dari jenis penyakit dan kurangnya nutrisi tertentu pada tubuh seseorang. Kuku yang menguning atau menebal bisa merupakan tanda infeksi jamur.

Baca Juga: Angka Infeksi Virus Corona Delta Naik, China Batasi Akses Masuk Orang dari Daerah Ini

Kuku yang rapuh mungkin pertanda penyakit tiroid atau anemia. Jika Anda melihat retakan kecil pada kuku, itu mungkin tanda psoriasis atau alopecia areata. Selain itu, garis putih di bawah kuku bisa berarti menderita penyakit ginjal atau hati.

Ilustrasi Kuku (freepik)
Ilustrasi Kuku (freepik)

Setiap perubahan warna dan tekstur pada kuku tidak boleh diabaikan, karena bisa mengindikasikan kanker. Melanoma subungual salah satu jenis kanker kulit yang dideteksi melalui perubahan warna kuku.

Tanda-tanda melanoma subungual pada kuku bisa berbentuk garis gelap di bawah kuku, yang menyebabkan perubahan warna kuku. Kondisi ini bisa membuat area gelap di dekat kutikula kuku juga dikenal sebagai lesi subungual.

Selain pertanda kanker dilansir dari Times of India, perubahan warna kuku tersebut juga bisa merupakan hasil dari pengobatan kanker atau efek samping yang biasanya terjadi akibat obat kanker.

Selain pembentukan garis-garis hitam pada kuku jari tangan atau kaki, ada tanda-tanda melanoma subungual lainnya yang bisa muncul pada kuku Anda.

Baca Juga: Ahli: Polusi Udara Bisa Perburuk Kondisi Penyintas Virus Corona Covid-19

  1. Kuku lemah dan rapuh
  2. Memar pada kuku yang sulit disembuhkan
  3. Pendarahan pada kuku
  4. Penipisan atau retak pada kuku
  5. Garis-garis kehitaman dan kecokelatan pada kuku

Komentar