alexametrics

Lakukan Kebiasaan Ini setelah Makan, Rasakan 3 Efeknya pada Tubuh

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Lakukan Kebiasaan Ini setelah Makan, Rasakan 3 Efeknya pada Tubuh
Ilustrasi makan (pexels.com/mentatdgt)

Kebiasaan sederhana setelah makan ini bisa memberikan banyak manfaat baik pada tubuh.

Suara.com - Menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit tidak hanya membutuhkan gaya hidup sehat, tetapi juga kebiasaan setelah makan. Pola makan yang baik bisa meningkatkan ojas (vitalitas) atau ama (toksisitas).

Beberapa gaya hidup sederhana dan kebiasaan setelah makan bisa memberikan manfaat baik pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Kebiasaan setelah makan ini bisa membantu tubuh tetap bugar dan sehat,

Dr Nitika Kohli, seorang ahli Ayurvedia berbagi pentingnya shatpavali, yakni gaya hidup sederhana dan kebiasaan setelah makan. Ia memberi contoh salah satunya berjalan setidaknya 100 langkah setelah makan malam dan makan siang untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan secara keseluruhan.

Jalan kaki 15 menit setelah makan bisa membantu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai komplikasi kesehatan. Dilansir dari Times of India, adapun beberapa manfaat jalan kaki setelah makan, termasuk:

Baca Juga: Lima Fakta B.1.1.529, Varian Baru Covid-19 yang Disebut Paling Mengerikan

Ilustrasi jalan kaki. (Shutterstock)
Ilustrasi jalan kaki. (Shutterstock)
  1. Memperbaiki pencernaan
  2. Membantu metabolisme makanan
  3. Menghilangkan rasa malas setelah makan

Jangan pernah mencoba jalan cepat setelah makan,karena kebiasaan ini akan meningkatkan dosha tubuh. Dosha tubuh 3 jenis energi yang merupakan kombinasi dari 5 elemen dari tubuh manusia, yakni udara, air, api, bumi dan langit.

Jalan kaki sekitar 15 menit setelah makan adalah pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, ada pula beberapa tips sederhana lainnya yang bisa dilakukan setelah makan untuk menjaga kesehatan.

  1. Jangan langsung tidur setelah makan
  2. Kelola tingkat stres dan kecemasan
  3. Konsumsi makanan seimbang
  4. Tetap aktif secara fisik
  5. Minum teh hijau setiap hari
  6. Jangan duduk Terlalu lama
  7. Berhenti merokok dan minum alkohol.

Komentar