alexametrics

Jangan Anggap Sepele, Ini Sakit Tenggorokan yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Bimo Aria Fundrika
Jangan Anggap Sepele, Ini Sakit Tenggorokan yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius
Sakit tenggorokan (Element Envato)

NHS mengatakan bahwa sebagian besar waktu, sakit tenggorokan akan sembuh sendiri dan biasanya akan hilang dalam waktu seminggu.

Suara.com - Sakit tenggorokan mungkin merupakan keluhan umum yang banyak dialami. Umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus seperti flu biasa, atau dari merokok.

Tetapi ada beberapa kondisi yang yang bisa bikin sakit tenggorokan mengarah jadi hal serius. Oleh sebab itu penting untuk tidak menyepelekannya.

NHS mengatakan bahwa sebagian besar waktu, sakit tenggorokan akan sembuh sendiri dan biasanya akan hilang dalam waktu seminggu. Brikut adalah empat kondisi yang bisa menjadi tanda sakit tenggorokan Anda.

1. Tumor

Baca Juga: Jokowi: Efek Pandemi Larinya ke Mana-mana

Ilustrasi sakit atau radang tenggorokan, cegukan. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit  tenggorokan, cegukan. (Shutterstock)

Seorang ahli mengatakan bahwa sakit tenggorokan adalah salah satu tanda pertama kanker tenggorokan. Omid Mehdizadeh, seorang otolaryngologist dan laringologist mengatakan jika tumor tumbuh di satu sisi tenggorokan Anda, itu bisa menyebabkan rasa sakit di satu sisi saja.

Dia menjelaskan bahwa satu-satunya cara untuk mendiagnosis atau menyingkirkan tumor adalah menemui dokter yang dapat memeriksa benjolan yang tumbuh atau gejala lainnya, katanya kepada Insider.

2. Abses peritonsil

Ini adalah abses yang berisi nanah dan bisa mematikan karena bisa menjadi sangat besar sehingga bisa menyumbat saluran udara, sehingga membuat Anda sulit bernapas.

Abses akan berisi bakteri dan puing-puing seluler yang ditemukan di dekat amandel.

Baca Juga: Waspada Omicron, Wali Kota Kediri Minta Warga Membatasi Mobilitas Saat Libur Nataru

Jika Anda mengira Anda menderita peritonsillar maka Anda perlu menemui dokter karena mereka harus mengeringkan abses dengan jarum untuk menghentikannya menghalangi jalan napas Anda dan menghentikan Anda menelan bakteri.

Jika Anda memiliki peritonsillar maka biasanya akan terlihat seperti pembengkakan di langit-langit mulut Anda serta di satu sisi tenggorokan Anda.

3. COVID-19

Sementara NHS menyatakan bahwa batuk terus-menerus baru, suhu tinggi dan kehilangan rasa dan bau adalah tanda-tanda COVID, banyak pasien juga mengalami sakit tenggorokan.

Aplikasi Studi Gejala COVID ZOE telah menunjukkan bahwa sakit tenggorokan adalah salah satu gejala yang paling sering dilaporkan, baik pada orang yang divaksinasi maupun yang tidak divaksinasi.

Tim Spector, peneliti terkemuka dalam penelitian ini, mempresentasikan video YouTube di mana ia meminta pemirsa untuk melaporkan dengan tepat bagaimana rasa sakit tenggorokan mereka.

4. Flu

Flu bisa mematikan bagi orang tua dan orang yang rentan, jadi penting bagi Anda untuk memeriksanya selama bulan-bulan musim dingin.

Biasanya flu akan hilang dengan sendirinya tetapi Anda bisa mencoba minum air hangat, mandi air panas, dan berkumur dengan air asin.

Bagaimanapun, jika sakit tenggorokan Anda berlangsung lama maka Anda harus menemui dokter.

Komentar