alexametrics

Benarkah Marathon Film Bisa Sebabkan Gangguan Masalah Kesehatan? Begini Menurut Peneliti

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Benarkah Marathon Film Bisa Sebabkan Gangguan Masalah Kesehatan? Begini Menurut Peneliti
Ilustrasi orang menonton TV (Shutterstock)

Ketahui indikasi binge watching yang bermasalah.

Suara.com - Istilah 'binge watching' atau 'marathon film' tentu familiar di telinga Anda. Istilah ini digunakan untuk perilaku menonton beberapa episode, baik film maupun acara TV, dalam durasi beberapa jam.

Namun, apakah perilaku binge watching atau marathon film ini berbahaya?

Menurut The Conversation, permasalahan perilaku ini tidak ditentukan oleh jumlah episode yang ditonton atau durasi waktu untuk menontonnya, tetapi apakah binge watching ini menimbulkan dampak negatif atau tidak.

Hal ini sama seperti perilaku adiktif yang lainnya.

Baca Juga: Gerhana Matahari 4 Desember 2021: Wilayah yang Terdampak dan Cara Menonton

Dalam studi terbaru tentang topik ini, tim peneliti dari Polandia menyurvei 645 orang dewasa muda, semuanya melaporkan bahwa mereka telah menonton setidaknya dua episode dari sebuah acara TV dalam beberapa jam sekaligus.

Ilustrasi orang menonton TV (Shutterstock)
Ilustrasi orang menonton TV (Shutterstock)

Peneliti menemukan bahwa prediktor signifikan dari binge-watching yang bermasalah adalah kesulitan mengontrol impuls, kurangnya perencanaan (kesulitan dalam merencanakan dan mengevaluasi konsekuensi dari perilaku tertentu), menghindari dan melupakan masalah, serta mencegah agar tidak merasa kesepian.

Selain itu, studi sebelumnya juga mengatakan bahwa binge watching yang bermasalah memiliki hubungan signifikan dengan sindrom kecemasan dan depresi.

Semakin besar gejala kecemasan dan depresi, semakin bermasalah binge watching seseorang.

Riset lainnya juga telah melaporkan temuan serupa, bahwa binge watching yang bermasalah dikaitkan dengan depresi, kecemasan di sekitar interaksi sosial, dan kesepian. 

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Menonton Konser, Mulai Dari Pengakuan Hingga Pertengkaran

Komentar