alexametrics

Bahaya! Ini Efek Buruk yang Mengintai Jika Terbiasa Tidur dengan Lampu Menyala

M. Reza Sulaiman
Bahaya! Ini Efek Buruk yang Mengintai Jika Terbiasa Tidur dengan Lampu Menyala
Ilustrasi Tidur dengan lampu menyala. (freepik)

Tidur dengan lampu menyala, baik itu pancaran lampu kamar, cahaya dari handphone, televisi, komputer, ataupun laptop, dapat merusak kualitas tidur loh!

Suara.com - Tidur dengan lampu menyala mungkin terdengar aneh. Tapi, ada loh orang yang melakukannya, baik karena alasan takut gelap maupun sudah terbiasa tidur dalam keadaan terang.

Padahal, tidur dengan lampu menyala, baik itu pancaran lampu kamar, cahaya dari handphone, televisi, komputer, ataupun laptop, dapat merusak kualitas tidur loh!

Melansir dari brightside.com, berikut 5 efek buruk yang terjadi jika kamu sering tidur dengan lampu menyala:

1. Kesehatan Reproduksi Terganggu

Baca Juga: Doa Bangun Tidur Serta Sunah Rasul yang Dianjurkan untuk Diamalkan

Ilustrasi tidur (pexels.com/Francesca Zama).
Ilustrasi tidur (pexels.com/Francesca Zama).

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa paparan cahaya pada malam hari dapat meningkatkan risiko infertilitas. Uji coba dengan tikus mencit betina menemukan tidur dengan keadaan lampu menyala menyebabkan tikus tersebut tidak subur.

Peneliti menduga ini terjadi karena adanya perubahan ritme sirkadian dalam tubuh, yang dapat mempengaruhi proses reproduksi pada perempuan.

2. Masalah jantung

Hormon melatonin tidak hanya berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh, tapi juga tekanan darah. Jika kamu tidur dengan keadaan lampu menyala, maka produksi melatonin dalam tubuhmu akan terhambat.

Akibatnya, tekanan arahmu akan meningkat. Fluktuasi tekanan darah saat akan menyebabkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Doa Tidur Serta Tata Cara Tidur yang Dianjurkan Nabi Muhammad

3. Kenaikan berat badan

Komentar