alexametrics

Ini 3 Cara Tetap Bahagia Bersama Keluarga di Masa Pandemi Covid-19

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Ini 3 Cara Tetap Bahagia Bersama Keluarga di Masa Pandemi Covid-19
Ilustrasi keluarga dan corona

Berikut ini tips tetap bahagia bersama keluarga di masa pandemi Covid-19.

Suara.com - Pengamat Sosial Anak Universitas Indonesia, Daisy Indira Yasmine mengatakan pentingnya bertahan di masa pandemi dengan rasa bahagia. Daisy mengungkap banyak cara bisa dilakukan agar tetap merasa bahagia.

Ini karena rasa bahagia dan bebas stres bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang membuat rentan terinfeksi penyakit.

"Memang kita harus menjaga imunitas tubuh dan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga,  terutama anak-anak," ujar Daisy dalam acara #AyoTunjukTangan SGM, Kamis (9/12/2021).

Berikut ini tips tetap bahagia bersama keluarga di masa pandemi dari Daisy:

Baca Juga: Terungkap! Kata Kunci Terkait Covid-19 yang Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2021

1. Saling Tolong Menolong
Tidak hanya bermanfaat untuk orang lain, tolong menolong juga bermanfaat untuk kesehatan mental penolong, karena ada kepuasan dan rasa bahagia tersendiri saat memberi pertolongan pada orang lain.

"Karena saya tahu kalau dalam pandemi ini banyak cerita juga, banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi, sehingga mereka tidak bisa memenuhi kebutuhannya secara lengkap lagi," jelas Daisy.

2. Membentuk Kebun Gizi
Selama pandemi, orang lebih banyak berdiam diri di rumah yang hasilnya mencari kegiatan untuk menghabiskan waktu. 

Salah satunya dengan membentuk kebun gizi, yaitu menanam sayuran di halaman rumah yang terbengkalai dan kosong. Hasilnya sayuran segar dan gizi bisa langsung dimasak dan dikonsumi agar keluarga lebih sehat.

"Sekedar menanam kankung, bayam di halaman ladang terbengkalai, itu saya punya teman-teman melakukan itu, jadi itu bisa menambah asupan nutrisi keluarga, dan komunitas," terang Daisy.

Baca Juga: Bisnis Moncer Masa Pandemi, Perusahan Layanan Kesehatan Ini Lakukan Ekspansi

3. Berolahraga Bersama Keluarga
Pandemi membuat anggota keluarga berkumpul di rumah jadi lebih sering. Sehingga olahraga bersama bisa jadi salah satu cara tetap sehat dan bahagia di masa pandemi.

Selain itu, saat berolahraga jadi lebih menyenangkan karena bisa saling berkomunikasi dan meningkatkan bonding orangtua dengan anak, serta keluarga lebih bahagia.

"Jadi banyak yang bisa kita lakukan, asal kita memang sama-sama berjalan peduli bagaimana bertahan di masa pandemi ini, terutama masalah kesehatan itu penting," pungkas Daisy.

Komentar