facebook

Kapan Waktu Belajar Paling Optimal? Ini Jawabannya Menurut Penelitian

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Kapan Waktu Belajar Paling Optimal? Ini Jawabannya Menurut Penelitian
Ilustrasi belajar (pexels/Min An).

Studi juga telah membuktikan bahwa belajar di masing-masing waktu memiliki manfaat tertentu.

Suara.com - Hampir semua orang belajar di malam hari. Tapi beberapa penelitian menemukan bahwa waktu optimal untuk belajar bagi setiap orang berbeda.

Sejumlah riset telah membedakan antara waktu belajar di pagi hari dan di malam hari. Studi-studi ini umumnya menemukan bahwa siswa cenderung melakukan yang terbaik di waktu tertentu, sesuai dengan preferensi apakah mereka orang yang senang bangun pagi atau orang yang tidur larut malam.

Hal itu sesuai dengan penelitian terbaru lainnya yang menunjukkan bahwa tidak ada "waktu yang seharusnya" untuk belajar, lapor Brain Scape.

Sementara menurut laman PSB Academy, sains telah menunjukkan bahwa belajar paling efektif adalah antara jam 10 pagi hingga 2 siang, serta jam 4 sore hingga 10 malam.

Baca Juga: 10 Game Offline Android: Dari Asah Otak, Battle Royale Sampai Balapan

Sedangkan waktu belajar paling tidak efektif adalah jam 4 pagi hingga 7 pagi.

Tetapi, studi juga telah membuktikan bahwa belajar di masing-masing waktu memiliki manfaat tertentu.

Ilustrasi Belajar. (pexels.com)
Ilustrasi Belajar. (pexels.com)

Belajar di pagi hari

Kebanyakan orang akan berpikir bahwa pagi adalah waktu terbaik untuk belajar, karena otak kita cenderung paling tajam di pagi hari setelah tidur.

Cahaya di pagi hari juga baik untuk mata dan membuat Anda tetap waspada. Periode ini sangat bagus, karena pagi hari umumnya memberi Anda kemampuan ingatan yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Seorang Mengidap Tumor Otak, Klik di Sini

Belajar di sore hari

Di sore hari, otak mengintegrasikan informasi baru dengan apa yang sudah mereka ketahui. Selama waktu ini, otak akan saling berkoneksi dan membuat informasi yang telah dipelajari lebih bermakna.

Belajar di waktu malam

Belajar pada saat ini juga membantu meningkatkan konsentrasi dan kreativitas karena ada lebih sedikit gangguan dari lingkungan.

Tidur setelah belajar juga dikatakan mengkonsolidasikan informasi dan meningkatkan daya ingat. Satu hal yang perlu diperhatikan, pastikan Anda masih tidur rata-rata 8 hingga 9 jam setiap malam.

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan belajar di waktu paling lelah Anda dapat membantu otak mempertahankan konsentrasi keterampilan baru yang lebih tinggi, seperti berbicara bahasa asing.

Terlepas dari waktu, penting untuk diingat bahwa masih banyak faktor lain yang mempengaruhi kemampuan kita untuk belajar. Misalnya, mendapat tidur yang cukup agar otak dapat berfungsi dengan baik.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar