facebook

Terlihat Mirip, Ini 2 Gejala Varian Omicron yang Beda dengan Flu Biasa

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Terlihat Mirip, Ini 2 Gejala Varian Omicron yang Beda dengan Flu Biasa
Ilustrasi virus corona Covid-19, varian Omicron (Pixabay/Coyot)

Ada dua gejala varian Omicron yang berbeda dengan flu biasa.

Suara.com - Gejala varian Omicron kurang lebih mirip dengan flu biasa. Sehingga keduanya cukup sulit untuk dibedakan karena sama-sama mempengaruhi sistem pernapasan. Tapi, ada sedikit perbedaan gejala varian Omicron dan flu biasa. Para ahli mengingatkan bahwa varian Omicron memiliki dua gejala yang berbeda dengan flu biasa.

Studi awal yang dilakukan untuk memahami gejala varian Omicron menunjukkan bahwa virus corona Covid-19 ini tidak memiliki gejala yang sama dengan varian lainnya.

Menurut para ahli, setiap varian virus corona memang memiliki gejala yang berbeda-beda. Begitu pula yang terjadi pada varian Omicron.

Meskipun varian Omicron terlihat mirip gejala flu biasa, ada dua gejala varian virus corona ini yang sedikit berbeda dengan pilek, yakni sakit kepala dan kelelahan.

Baca Juga: Vaksin Sputnik V dan Booster Sputnik Light Efektif Lawan Varian Omicron

Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)
Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian baru dapat menginfeksi lebih banyak orang karena tiga kali lebih mudah menular daripada varian sebelumnya.

Dalam beberapa kasus, varian Omicron ini juga mampu menembus antibodi yang diinduksi vaksin Covid-19 maupun infeksi alami di masa lampau.

Namun, gejala varian omicron mungkin tidak separah varian Delta yang menyebabkan gelombang kedua dan merenggut jutaan nyawa di seluruh dunia awal tahun 2021.

Tapi dilansir dari Times of India, penelitian mengenai varian Omicron masih banyak diperlukan, beberapa gejala umumnya termasuk:

  1. Demam ringan
  2. Kelelahan
  3. Tenggorokan gatal
  4. Sakit tubuh

Tidak seperti kasus infeksi virus corona Covid-19 sebelumnya, varian Omicron mungkin tidak menyebabkan hilangnya indera penciuman dan perasa yang merupakan tanda infeksi virus corona.

Baca Juga: Varian Omicron Meningkatkan Risiko Penularan Covid-19 di Dalam Keluarga

Para ahli belum bisa membedakan gejala varian Omicron dan Delta. Data yang dikumpulkan sejauh ini mengungkapkan bahwa hanya 50 persen orang yang mengalami gejala umum virus corona, yakni demam tinggi, batuk terus-menerus dan anosmia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar