facebook

Para Ahli Mulai Merekomendasikan Masker N95 dan KN95, Bisakah Dipakai Berulang Kali?

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Para Ahli Mulai Merekomendasikan Masker N95 dan KN95, Bisakah Dipakai Berulang Kali?
Jenis Masker N95. (Pexels)

Para ahli juga menekankan untuk selalu memakai masker secara benar dan pas agar efektif.

Suara.com - Pejabat federal di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) minggu ini memperbarui panduan penggunaan masker demi melindungi diri dari SARS-CoV-2 selama musim ini.

CDC merekomendasikan masyarakat untuk memakai masker N95 atau KN95 karena respirator ini lebih baik dalam melindungi terhadap virus corona, lapor Good House Keeping.

Para ahli sebelumnya telah mengkonfirmasi bahwa Omicron menyebar pada tingkat yang lebih cepat, lebih efektif dibandingkan dengan varian virus corona sebelumnya, dan masker N95 memiliki penyaringan yang lebih baik apabila dipakai secara benar.

Tidak seperti masker kain, sebagian besar N95 dan KN95 tidak dibuat untuk dipakai lebih dari sekali, seperti masker bedah.

Baca Juga: Dokter Ungkap untuk Tangani Varian Omicron, Butuh Kombinasi Obat Antibodi

Namun, dalam pedoman CDC yang diterbitkan secara daring menyarankan masker N95 dan alternatif lain seperti KN95 tidak boleh dipakai lebih dari lima kali.

Ilustrasi respirator atau masker KN95. [ANTARA]
Ilustrasi respirator atau masker KN95. [ANTARA]

Selain itu, para ahli juga menekankan untuk selalu memakai masker secara benar dan pas agar efektif.

Ada beberapa kondisi masker jenis ini tidak boleh dipakai ulang, yakni ketika bagian depan masker sudah kotor atau orang yang memakainya berisiko tinggi mengalami komplikasi parah jika terinfeksi Covid-19.

"Ini juga berlaku bagi siapa saja yang bekerja di lingkungan berisiko tinggi, seperti rumah sakit, panti jompo, dan gedung-gedung publik dengan lalu lintas tinggi," kata chief quality officer di UMass Memorial Health, Kimiyoshi Kobayashi.

Orang yang memilih untuk memakai masker N95 atau KN95 lebih dari satu kali dapat mengurangi risiko paparan SARS-CoV-2 dengan menyimpan respirator dengan benar.

Baca Juga: Cegah Varian Omicron, Bali Siapkan 60 Hotel untuk Pekerja Migran dan Pelaku Perjalanan Luar Negeri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar