facebook

Mengintip Olahraga Weight Training untuk Memperkuat Otot dan Daya Tahan Tubuh

Yasinta Rahmawati
Mengintip Olahraga Weight Training untuk Memperkuat Otot dan Daya Tahan Tubuh
Foto oleh Victor Freitas dari Pexels

Olahraga weight training bisa jadi solusi untuk membantu memperkuat tubuh. Simak ulasan singkatnya di sini!

Suara.com - Tahukah Anda bahwa olahraga weight training jadi salah satu olahraga yang paling bermanfaat bagi tubuh? Tak seperti zumba atau jogging yang dilakukan secara rutin untuk sekedar menjaga kebugaran, olahraga yang disebutkan ini dapat melatih kekuatan fisik secara menyeluruh.

Beberapa data menyatakan bahwa seorang akan mulai kehilangan massa otot secara berkala mulai dari usia 30-an. Ini disebabkan karena kurangnya latihan dan aktivitas fisik yang menurun, sehingga tak sedikit orang yang merasa badannya menjadi makin lemas saat usia tua.

Apa Itu Weight Training

Weight training adalah salah satu olahraga yang dapat menjaga kebugaran tubuh, menggunakan beban yang diangkat secara berkali-kali. Olahraga ini dilakukan untuk membangun kekuatan fisik, sehingga otot yang dimiliki tubuh bisa tetap dipelihara dan berfungsi secara optimal.

Baca Juga: 5 Hobi yang sangat Mengasyikkan!

Keberadaan otot ini merupakan hal yang temporer, dan bisa berubah sesuai dengan gaya hidup Anda. Semakin rutin otot dilatih, maka semakin baik pula volume dan kondisinya. Selain membuat tubuh menjadi kuat olahraga ini juga dapat menjaga kesehatan secara umum, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Ilustrasi olahraga angkat beban. (Pexels)
Ilustrasi olahraga angkat beban. (Pexels)

Angkat Beban Tak Harus yang Paling Berat

Jika Anda berpikir bahwa dalam melakukan olahraga ini Anda harus mengangkat beban yang berat, justru Anda salah. Weight training dilakukan secara bertahap, mulai dari beban yang tak terlalu berat terlebih dahulu.

Buat menu latihan yang tidak terlalu berat sebagai pembiasaan awal, misalnya angkat beban untuk beberapa bagian tubuh antara 8 hingga 12 kali repetisi. Lakukan seminggu dua kali, dan setidaknya hingga 4 minggu sebelum menambah porsi latihannya.

Jika tak memiliki personal trainer, perkiraan berat ideal adalah berat yang bisa diangkat dalam jumlah 8 hingga 12 kali repetisi. Jangan mulai dengan beban yang terlalu berat karena justru akan merusak otot dan menggagalkan program latihan yang Anda miliki.

Baca Juga: Kamu Bisa lho Membakar 500 Kalori dengan Berolahraga 20 Menit, Bagaimana Caranya?

Jaga keseimbangan, dan atur pernapasan dengan baik. Ingat untuk beristirahat dan makan makanan bernutrisi untuk membantu meregenerasi sel yang rusak akibat latihan. Tak perlu cemas, sel rusak ini wajar, karena dengan dirusak maka sel bisa dibangun lebih kuat.

Sedikit informasi mengenai weight training di atas semoga bisa membantu kamu untuk mencoba variasi olahraga lain. Tetap terapkan pola hidup sehat, dan selamat beraktivitas kembali.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar