facebook

5 Penyebab Mata Kuning, Salah Satunya Peradangan Pankreas

Yasinta Rahmawati
5 Penyebab Mata Kuning, Salah Satunya Peradangan Pankreas
Ilustrasi gambar (YouTube)

Istilah yang tepat untuk mata kuning yaitu ikterus. Ikterus hanya mengacu pada mata kekuningan bukan untuk bagian tubuh lainnya. Berikut ini penyebab mata kuning.

Suara.com - Beberapa orang mengatakan bahwa Anda mungkin terlihat kuning ketika mata Anda tampak kuning. Lantas, apa sebenarnya penyebab mata kuning? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasannya berikut ini.

Diketahui, istilah tubuh atau mata kuning sebenarnya mengacu pada penumpukan bilirubin di mata dan bagian tubuh lainnya. Bilirubin sendiri merupakan zat kuning yang dibuat ketika sel darah tua diganti.

Namun, istilah yang tepat untuk mata kuning yaitu ikterus. Ikterus hanya mengacu pada mata kekuningan bukan untuk bagian tubuh lainnya. Jika hanya mata yang tampak kuning, bisa jadi karena penyebab yang sederhana dan tidak berbahaya.

Namun terkadang mata kekuningan bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius. Untuk selengkapnya, mari simak di bawah ini beberapa penyebab mata kuning yang dilansir dari Very Well Health, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Ganti Foto Profil dengan Potret Masa Kecil, Sang Ibu Chat Tiba-tiba Bikin Banjir Air Mata

1. Pendarahan Subkonjungtiva

Konjungtiva mengandung banyak pembuluh darah kecil yang dapat dengan mudah pecah. Ketika pecah, darah bocor keluar dan mengisi ruang antara konjungtiva dan sklera. Jika kebocorannya kecil, sebagian mata Anda mungkin terlihat sedikit berubah warna, terkadang kuning atau sedikit merah. Saat darah yang pecah dibersihkan dari mata, itu bisa menjadi kuning.

Mata kuning, salah satu gejala Hepatitis B.
Mata kuning, salah satu gejala Hepatitis B.

2. Hiperbilirubinemia

Hiperbilirubinemia mengacu pada peningkatan kadar bilirubin. Bilirubin diproduksi ketika hati memecah sel darah merah tua. Bilirubin yang berlebihan salah satu penyebab munculnya penyakit kuning. Perlu melakukan perawatan yang tepat agar mata atau tubuh yang menguning hilang. 

3. Leptospirosis

Baca Juga: Viral Ibu Cuma Bisa Maternity Shoot di Kandang Ayam, Hasilnya Bikin Air Mata Menetes

Leptospirosisadalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Leptospira. Orang dengan infeksi ini sering memiliki mata yang menguning. Infeksi ini paling sering terjadi di iklim yang lebih hangat dan di tempat-tempat dengan paparan air yang telah terkontaminasi oleh urin hewan. 

4. Pankreatitis

Pankreatitis adalah peradangan pankreas, organ yang menghasilkan enzim yang dibutuhkan untuk pencernaan. Kondisi ini menyebabkan sakit perut dan lama kelamaan dapat merusak pankreas. Pankreatitis juga dapat menyebabkan penyakit kuning ringan pada mata dan kulit.

5. Anemia hemolitik

Anemia hemolitik adalah kondisi darah yang berkembang ketika tubuh memecah sel darah merah terlalu cepat, yang menyebabkan kekurangan sel darah. Ini dikenal sebagai anemia. Bagian putih mata mungkin tampak kuning karena kadar bilirubin meningkat ketika sel darah merah rusak terlalu cepat. 

Demikian informasi mengenai penyebab mata kuning yang perlu diketahui. Segera pergi temu dokter agar mengetahui cara perawatan yang tepat

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar