facebook

Ketahui Penyebab Kram Perut, Tak Cuma Gangguan dengan Saluran Pencernaan

Yasinta Rahmawati
Ketahui Penyebab Kram Perut, Tak Cuma Gangguan dengan Saluran Pencernaan
Ilustrasi gambar (freepik)

Kram perut adalah istilah umum untuk kontraksi yang tajam dan berulang atau perasaan sakit atau tidak nyaman di perut. Penting untuk mengetahui penyebab kram perut.

Suara.com - "Kram perut" adalah istilah umum untuk kontraksi yang tajam dan berulang atau perasaan sakit atau tidak nyaman di perut. Sensasi ini dapat terjadi di mana saja antara dada bagian bawah dan panggul atau selangkangan. Adapun penyebab kram perut yaitu sebagai berikut.

Diketahui, kram perut dapat melibatkan apa saja di perut, termasuk lambung, usus, hati, kantong empedu, pankreas, kerongkongan, dan pembuluh darah. Kram perut terjadi pada semua kelompok umur atau populasi. Kebanyakan orang akan mengalaminya di beberapa titik selama hidup mereka.

Kram perut adalah gejala umum dari berbagai penyakit, gangguan dan kondisi. Penyebab ini berkisar dari ringan hingga serius. Kondisi ini juga sering mempengaruhi organ perut dan kadang-kadang organ panggul, seperti rahim dan kandung kemih. 

Kram perut dapat mempengaruhi area kecil perut, seperti perut bagian bawah di dekat selangkangan atau di dekat perut. Kram perut juga bisa terjadi di seluruh perut.

Baca Juga: Virus Corona Varian Omicron Bisa Pengaruhi Kesehatan Usus, Bikin Sakit Perut

Lantas, apa penyebab kran perut? Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Proses Abnormal

Penyebab kram perut termasuk infeksi, kanker, peradangan, trauma, obstruksi, dan proses abnormal lainnya. Kondisi seperti gangguan pencernaan dan stres yang relatif ringan dapat menyebabkan kram perut. Di sisi lain spektrum, kondisi yang mengancam jiwa seperti trauma, radang usus buntu, dan kanker kolorektal juga dapat menyebabkan kram perut.

Ilustrasi sakit perut, maag, kram perut. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit perut, maag, kram perut. (Shutterstock)

2. Masalah Sistem Tubuh

Kram perut juga bisa disebabkan oleh masalah pada sistem tubuh selain saluran pencernaan dan organ ginekologi seperti aneurisma aorta perut, trauma perut, tumor perut, massa atau abses, gagal jantung kongestif akut, infeksi kandung kemih, keseleo otot yang disebabkan oleh olahraga, penyakit ginjal, stres, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kenapa Ibu Hamil Selalu Punya Garis Gelap di Perut, Ternyata Ini Sebabnya!

3. Ginekologuis

Kram perut dapat juga terjadi karena alasan ginekologis sepertu komplikasi kehamilan (keguguran), kehamilan ektopik, endometriosis, kram menstruasi, kista ovarium, penyakit radang panggul (infeksi rahim dan saluran tuba), persalinan kehamilan, penyakit menular seksual (PMS).

Demikian informasi mengenai penyebab kram perut yang penting untuk diketahui. Jika kram perut terasa sangat menganggu, segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penangan yang tepat.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar