facebook

Jangan Makan Putih atau Kuning Telur Saja, Ini Lho Efek dan Manfaatnya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Makan Putih atau Kuning Telur Saja, Ini Lho Efek dan Manfaatnya!
Ilustrasi Telur (unsplash/Louis Hansel).

Beberapa orang mungkin punya kebiasaan hanya mengonsumsi putih telur, yang sebenarnya justru membuang nutrisi penting dari konsumsi telur utuh.

Suara.com - Telur salah satu makanan sehat yang sering dimasukkan dalam menu diet. Makan satu telur utuh bisa memberi 13 vitamin dan nutrisi penting bagi tubuh.

Tapi, banyak orang ragu mengonsumsi telur karena khawatir akan membuat kolesterol tinggi. Umumnya, olahragawan mengonsumsi telur untuk membantu membangun otot atau menurunkan berat badan.

Meski begitu, ada pula orang yang hanya mengonsumsi bagian putih telur saja dan membuang kuning telur karena berbagai alasan.

Padahal, menyingkirkan kuning telur akan menghilangkan beberapa nutrisi dari tubuh dan hanya akan mendapatkan sengah dari manfaat telur secara utuh.

Baca Juga: WHO Sebut Anak Remaja Sehat Tak Perlu Suntikan Booster Vaksin Covid-19, Ini Sebabnya!

Sebab dilansir dari Times of India, kuning telur mengandung semua nutrisi. Sedangkan, bagian putih telur memiliki jumlah nutrisi minimal dibandingkan dengan kuning telurnya.

Ilustrasi telur (Pixabay)
Ilustrasi telur (Pixabay)

Bila Anda mengonsumsi telur secara utuh, Anda akan mendapatkan vitamin A, D, E, K, dan enam vitamin B yang berbeda.

Telur juga memiliki sejumlah mineral, seperti zat besi, kalsium, fosfor, seng dan folat. Tapi, distribusi vitamin dan mineral tersebut tidak merata.

Kuning telur memiliki lebih banyak nutrisi daripada putih telur. Bila Anda menyingkirkan putih telur, berarti Anda tidak mendapatkan nutrisi cukup yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi internalnya. Karena, bagian putih telur hanya kaya akan protein.

Kebanyakan orang membuang kuning telur karena kandungan kolesterol, lemak, dan natriumnya tinggi. Jika Anda seharus yang tak mengkhawatirkan hal tersebut bila menjalani pola makan sehat dan berolahraga secara teratur.

Baca Juga: Virus Corona Terus Bermutasi, Satgas COVID-19 Ungkap Perubahan Kebijakan Tidak Bisa Dihindari

Tubuh juga terkadang membutuhkan kolesterol dan lemak untuk beberapa tujuan guna menurunkan berat badan dan membangun otot.

Kolesterol sangat penting untuk membuat testosteron, yang membantu meningkatkan tingkat energi dan membangun otot.

Telur juga akan membantu membangun vitamin D saat kulit terkena sinar matahari. Pada gilirannya, vitamin D akan membantu membangun kekuatan tulang.

Intinya, lebih baik mengonsumsi telur secara utuh, daripada hanya bagian putihnya saja. Supaya, Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatannya secara utuh.

Membuang bagian kuning telur dan makan lebih banyak putih telur justru tubuh akan kehilangan banyak nutrisi.

Alih-alih mengonsumssi 4 putih telur, cobalah mengonsumsi 2 telur utuh. Anda akan mendapatkan lebih banyak nutrisi dari 2 butir telur utuh dibandingkan dengan 4 putih telur.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar