facebook

Selalu Insomnia Tiap Malam? Ahli Kebugaran Bagikan Tips agar Bisa Tertidur dalam 2 Menit

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Selalu Insomnia Tiap Malam? Ahli Kebugaran Bagikan Tips agar Bisa Tertidur dalam 2 Menit
Ilustrasi pria tertidur (Shutterstock)

Cara ini diklaim selalu dilakukan oleh tentara agar dapat tertidur di mana dan kapan saja.

Suara.com - Seorang ahli kebugaran bernama Justin Agustin menjadi viral di TikTok setelah membagikan sebuah tips agar tertidur hanya dalam dua menit.

"Tehnik ini dikembangkan di militer agar tentara bisa tertidur kapan saja, di mana saja, bahkan di medan perang ketika lingkungan sangat tidak nyaman dan ada banyak kebisingan terjadi," kata Agustin, menambahkan bahwa tidur adalah hal penting bagi tentara.

Agustin mengatakan tehnik dimulai dari cara mengambil napas dalam-dalam dan secara sadar mencoba menenangkan setiap bagian tubuh.

"Mulailah dengan mengendurkan otot-otot di dahi. Tenangkan mata, pipi, rahang, dan fokus pada pernapasan Anda. Sekarang, turun ke leher dan bahu," sambungnya, dilansir Independent UK.

Baca Juga: Pandemi Virus Corona Sebabkan Insomnia, Ahli Sarankan Lakukan Ini!

Kemudian, pastikan bahu tidak tegang. Tenangkan sebisa mungkin dan jaga lengan agar tetap lemas di sisi tubuh, termasuk tangan dan jari.

Tehnik tertidur (TikTok/Justin Agustin )
Tehnik tertidur (TikTok/Justin Agustin )

Agustin menyarankan untuk mengimajinasikan perasaan hangat yang menjalar dari kepala hingga ujung jari, lalu dari jantung ke ujung kaki.

"Sekarang, ambil napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan, tenangkan dada, perut, turun ke paha, betis, dan kaki Anda," lanjutnya.

Penting juga untuk menjernihkan pikiran dari stres. Namun, Anda dapat menggambarkan dua skenario menenangkan di pikiran.

"Satu, Anda berbaring di pinggir danau yang tenang sambil menatap langit biru di atasmu. Dua, kamu berbaring di hammock hitam di ruangan yang gelap," sarannya.

Baca Juga: Kondisi Terbaru Ashanty, Jadi Insomnia Setelah Diserang Covid-19

Tehnik tertidur (TikTok/Justin Agustin )
Tehnik tertidur (TikTok/Justin Agustin )

Ketika Anda terdistraksi, cobalah untuk mengucap, "jangan dipikirkan, jangan dipikirkan, jangan dipikirkan", selama 10 detik.

"Anda harus mempraktikan ini setiap malam dalam enam minggu. Tampaknya, 96% orang yang berhasil melakukan teknik ini benar-benar dapat tertidur dalam dua menit sejak menutup matanya," ungkap Agustin.

Video-nya pun viral dan telah ditonton sebanyak 2,8 juta kali serta mendapat ribuan komentar dari warganet. Bahkan, ada salah satu tentara yang mengaku bahwa dirinya diajari untuk melakuan tehnik ini.

"Dokter mengajariku tehnik ini dengan sedikit variasi ketika aku menderita insomnia akibat PTSD. Percayalah, ini ampuh," komentar seorang warganet.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar