facebook

Penyebab dan Gejala Sakit Gigi Serta Cara untuk Mengatasinya

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Penyebab dan Gejala Sakit Gigi Serta Cara untuk Mengatasinya
Sakit gigi. (Shutterstock)

Sakit gigi merupakan kondisi yang membuat seseorang mengalami rasa nyeri di sekitar gigi dan rahang. Apa saja penyebab dan gejalanya ya?

Suara.com - Sakit gigi merupakan kondisi yang membuat seseorang mengalami rasa nyeri di sekitar gigi dan rahang. Umumnya, kondisi ini terasa karena mengonsumsi makanan manis atau minuman yang terlalu panas atau dingin.

Mengutip dari Cleveland Clinic, penyebab sakit gigi juga disebabkan karena pulpa lunak diisi dengan saraf, jaringan, dan pembuluh darah. Ketika saraf pulpa ini sensitif, maka dapat terinfeksi bakteri, sehingga menyebabkan rasa sakit yang cenderung parah.

Apa Saja Penyebab Sakit Gigi?
Rasa sakit gigi yang cenderung menyakitkan bisa terjadi karena beberapa sebab. Antara lain kerusakan gigi, abses gigi (infeksi bakteri di bagian tengah gigi), fraktur gigi (patah gigi), gusi terinfeksi, dan erupsi (gigi yang keluar dari gusi).

Trigeminal Neuralgia, nyeri hebat di wajah yang sering dikira sakit gigi [shutterstock]
Ilustrasi sakit gigi [shutterstock]

Apa Gejala Dari Sakit Gigi?
Sakit gigi memiliki beberapa gejala. Berikut beberapa gejala yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Baca Juga: 3 Makanan Manis yang Bermanfaat untuk Tubuh

  • Sakit gigi yang terasa tajam dan denyut. Pada beberapa orang, rasa sakit terjadi ketika mengalami tekanan saat menggigit sesuatu.
  • Pembengkakan di sekitar gigi.
  • Demam atau sakit kepala.
  • Drainase yang tidak enak dari gigi yang terinfeksi.
  • Bau yang tidak sedap dari mulut.

Untuk mencegah dari sakit gigi ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk sembuh. Apa saja? Berikut paparan lengkapnya!

1. Bilas dengan Air Asin Hangat

Ilustrasi air garam. (Shutterstock)
Ilustrasi air garam. (Shutterstock)

Salah satu cara yang harus Anda lakukan adalah menggunakan air asin yang hangat. Sebab, cara ini dapat melonggarkan kotoran di gigi Anda, yang bertindak sebagai desinfektan dan mengurangi peradangan. Cara membuatnya, Anda bisa aduk garam ke dalam air hangat, lalu aduk sampai rata.

2. Kompres Air Dingin
Untuk mengatasi sakit gigi, Anda bisa gunakan kompres air dingin dengan menggunakan es yang dibungkus ke handuk. Letakkan kompres ini di bagian gigi Anda yang sakit, dan lakukan ini selama 20 menit.

3. Gunakan Obat Nyeri
Cara termudah untuk mengatasi sakit gigi adalah gunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotik. Obat nyeri ini dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan di gigi. Beberapa obat yang direkomendasi mulai dari aspirin, ibuprofen, dan naproxen.

Baca Juga: Ahli Gizi: Jangan Berikan Gula Tambahan pada Anak di Bawah 2 Tahun

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar