facebook

6 Cara Mengatasi Mata Merah karena HP, Aman dan Mudah Dilakukan

Yasinta Rahmawati
6 Cara Mengatasi Mata Merah karena HP, Aman dan Mudah Dilakukan
Foto oleh SHVETS production dari Pexels

Mengatasi mata merah karena HP bisa dilakukan dengan cara mudah. Simak 6 triknya di sini!

Suara.com - Menggunakan gadget adalah satu rutinitas yang tak dapat dihindari. Meski demikian, ada saja yang memiliki screen time yang begitu tinggi, sehingga membuat mata jadi terganggu. Paling umum adalah mata merah karena HP yang digunakan terlalu lama.

Tentu mengontrol screen time akan jadi solusi utama untuk mengurangi iritasi mata yang terjadi. Namun beberapa hal di bawah ini bisa Anda coba sebagai cara mengatasi mata merah karena HP yang diderita.

Cara paling umum yang digunakan untuk mengatasi mata merah akibat iritasi ringan adalah obat tetes mata. Obat ini bisa ditemukan dengan mudah, dan membantu meredakan iritasi ringan seperti mata kering atau terkena debu. Gunakan secukupnya.

  • Istirahat atau Power Nap

Mata merah karena HP biasanya disebabkan karena kelelahan yang dialami organ ini. Maka, cara yang bisa dilakukan selanjutnya adalah beristirahat. Power nap di siang hari bisa membantu mata beristirahat sejenak, sehingga kembali segar setelah istirahat ini.

Baca Juga: Batasi Screen Time, Coba 5 Kegiatan Berkualitas Bersama Buah Hati Di Rumah

  • Lancarkan Aliran Darah dengan Pijatan Ringan

Terbilang sederhana dan mudah, pijatan di sekitar area mata dapat membantu Anda menghilangkan mata merah. Pijatan lembut ini bisa dilakukan kapan saja, di sekitar bagian mata. Ingat untuk tidak memijat terlalu kuat, untuk menghindari cidera.

Ilustrasi: mata merah. (Shutterstock)
Ilustrasi: mata merah. (Shutterstock)
  • Mengompres Mata

Mengompres mata juga bisa jadi opsi menarik untuk dipertimbangkan, guna membantu menghilangkan mata merah karena HP. Anda bisa mengompresnya menggunakan handuk yang dibasahi air dingin, atau potongan timun yang sudah dicuci bersih untuk menyegarkan mata.

  • Disiplin Screen Time

Disiplin di sini diartikan sebagai konsistensi dalam menggunakan gadget. Berikan waktu istirahat sejenak secara berkala. Misalnya, dalam 20 menit menggunakan layar gadget, istirahatkan mata 20 detik dengan melihat sesuatu sejauh 20 meter. Aturan ini dikenal juga dengan pola 20 : 20 : 20.

  • Tentu Saja Makanan Kaya Vitamin A!

Agar mata tetap terjaga fungsi dan kesehatannya, wajib hukumnya untuk Anda mengkonsumsi makanan kaya Vitamin A setiap hari sesuai dengan kebutuhan. Selain dapat menjaga kesehatannya, vitamin yang satu ini juga akan melindungi mata dari iritasi dan gangguan yang datang dari luar.

Itu tadi 6 cara menghilangkan mata merah karena HP yang digunakan terlalu lama. Semoga informasi ini berguna, dan selamat beraktivitas kembali!

Baca Juga: Mata Merah Usai Operasi Katarak, Normalkah?

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar