facebook

Minumlah Kopi sebelum Tidur Siang, Ahli Saraf Ungkap Efek Positifnya pada Tubuh

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Minumlah Kopi sebelum Tidur Siang, Ahli Saraf Ungkap Efek Positifnya pada Tubuh
Ilustrasi minum kopi (Unsplash/@taylormae)

Ahli saraf jelaskan hubungan minuman kopi sebelum tidur siang dengan masalah kurang tidur.

Suara.com - Kebanyakan ahli menyarankan Anda menghindari minum kopi ketika akan tidur. Tapi, seorang ahli saraf malah mengatakan kafein adalah kunci tidur siang yang efektif.

Brice Faraut, yang meneliti efek membatasi tidur di Rumah Sakit Hôtel-Dieu di Paris, menemukan cara untuk mengatasi kurang tidur pada beberapa orang.

Brice, melalui buku barunya "Saved by the Siesta", menemukan bahwa minum secangkir kopi bisa membantu mengatasi kesulitan tidur. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang adalah solusi terbaik dari kurang tidur.

"Ada bukti ilmiah bahwa minum kopi tidak hanya mengatasi kelelahan ekstrem, tetapi juga memerangi kantuk, rasa sakit, kerapuhan imunologi, stres, hipertensi, obesitas, dan penyakit kardiovaskular," kata Brice, dikutip dari The Sun.

Baca Juga: WHO: Varian Virus Corona Selanjutnya akan Lebih Menular dari Omicron

Ini yang bikin mata melek selama bekerja
Ilustrasi minum kopi (shutterstock)

Brice mengatakan bahwa minum kopi segera sebelum tidur siang selama 20- 30 menit akan membantu Anda mengatasi rasa grogi saat bangun tidur.

"Kafein membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk masuk dan merangsang otak. Artinya, Anda akan tetap tertidur, tetapi setelah tidur siang selama 20 hingga 30 menit, kafein akan membantu Anda bangun lebih waspada selama empat hingga enam jam setelahnya," jelasnya.

Brice juga menemukan hubungan antara minum kopi dan tingkat energi yang lebih tinggi. Sebuah penelitian di Jepang terhadap 10 orang dewasa menunjukkan bahwa mereka yang tidur siang berkafein selama 15 menit memiliki kinerja yang lebih baik, dibandingkan mereka yang tidak tidur siang.

Ahli biasanya tidak menyarankan minum kopi sebelum tidur, terutama bila Anda kurang tidur. Meskipun minum kopi sebelum tidur siang membantu Anda lebih bersemangat dan berenergi, trik ini juga bisa merusak pola tidur dan membuat Anda lebih sering insomnia.

Menurut Sleep Foundation, tubuh membutuhkan waktu sekitar empat hingga enam jam untuk memecah setengah efek kafein.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Minta Rumah Sakit Antisipasi Lonjakan Kasus Virus Corona

Jika Anda minum kopi di sore hari, itu bisa membuat Anda tetap terjaga setelah tidur jam 10 malam. Bila minum kopi di sore hari, Anda bisa tetap terjaga di malam hari.

Karena itu, Brice menyarankan lebih baik tidak tidur siang agar tak terjaga di malam hari, apalagi tidur 20 menit setelah jam 5 sore.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar