facebook

Mengaku Tubuhnya Menjadi Lebih Sehat, Pria 85 Tahun Ini Ketagihan Vaksin Covid-19 hingga Disuntik Belasan Kali

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Mengaku Tubuhnya Menjadi Lebih Sehat, Pria 85 Tahun Ini Ketagihan Vaksin Covid-19 hingga Disuntik Belasan Kali
Brahmdeo Mandal (Facebook)

Pria ini sampai hampir mendapat 12 suntikan vaksin Covid-19.

Suara.com - Seorang pria bernama Brahmdeo Mandal (85) asal Bihar, India, mengaku telah menerima 11 dosis vaksin Covid-19 dalam waktu beberapa bulan saja.

Pada Januari lalu, Mandal kembali berencana mendapat vaksin virus corona untuk ke-12 kalinya. Tetapi aksinya dihentikan oleh petugas kesehatan.

Menurut laporan Oddity Central, Mandal tidak takut dengan efek samping samping. Sebaliknya, ia mengaku vaksin membuatnya tidak merasakan sakit di usia tuanya.

"Setelah disuntik, tubuh saya yang sakit dan nyeri hilang. Saya dulu menderita sakit lutut dan berjalan menggunakan tongkat. Sekarang saya tidak. Saya merasa baik-baik saja," tutur Mandal.

Baca Juga: Tambahan Kasus Covid-19 Harian di Bali Capai 212 Orang

Mandal menceritakana bahwa setelah ia mendapat dosis vaksin Covid-19 pertamanya pada Februari tahun lalu, tubuhnya merasa lebih sehat. Ia seolah kecanduan dengan efek yang dirasakannya, dan melakukan vaksinasi secara berkala.

Brahmdeo Mandal (Facebook)
Brahmdeo Mandal (Facebook)

Hingga September tahun lalu, Mandal telah mendapat 9 dosis vaksin, dua di antaranya tampaknya telah diberikan dalam jarak 30 menit.

Supaya tidak ada yang mengenalinya, ia pergi ke pusat vaksinasi di distrik tetangga, yang jaraknya lebih dari 100 kilometer. Hal ini juga dilakukannya setiap kali vaksin.

"Saya merasa vaksin membantu kesehatan keseluruhan saya, sakit punggung saya membaik, kelemahan saya membaik, dan nafsu makan saya membaik," sambungnya.

Kasus Mandal menjadi viral di India, memicu perdebatan sengit tentang efek vaksin Covid-19. Selain itu, banyak orang mempertanyakan moralitas tindakannya di saat India sedang berusaha mengimunisasi masyarakat sebanyak mungkin.

Baca Juga: Menkes Budi Kembali Imbau Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Gejala Ringan Cukup Lakukan Isoman di Rumah

Berdasarkan laporan, Mandal terancam ditangkap, setelah adanya pengajuan ke departemen kesehatan.

Mengetahui hal itu, Mandal justru mengancam akan bunuh diri apabila dituntut. Sementara sang istri memohon kepada pihak berwenang untuk memahami bahwa apa yang dilakukan suaminya bertujuan untuk mengobati penyakitnya.

“Dia merasakan secercah harapan setelah menerima suntikan pertama. Dia sekarang benar-benar sembuh akibat suntikan vaksin itu," jelas sang istri.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar