facebook

Apel Terbukti Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes Tipe 2, Begini Bukti Penelitiannya!

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Apel Terbukti Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes Tipe 2, Begini Bukti Penelitiannya!
Ilustrasi makan apel (Shutterstock)

Ada beberapa makanan yang bagus bagi penderita diabetes tipe 2, salah satunya apel.

Suara.com - Penderita diabetes, baik tipe satu maupaun dua, membutuhkan insulin dalam jumlah besar untuk menjaga kadar glukosa atau gula darah dalam kisaran normal.

Karenanya, pola makan penderita diabetes sangat diperhatikan. Sebab ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam darahnya.

"Penting bagi penderita diabetes untuk mengontrol kadar glukosa darah sebaik mungkin karena kadar gula yang terlalu tinggi dalam jangka panjang akan meningkatkan risiko komplikasi," tulis Diabetes UK.

Tetapi, ada juga makanan yang bagus untuk penderita diabetes karena dapat menjaga kadar glukosa tetap rendah, salah satunya apel.

Baca Juga: Apel Gelar Pasukan TNI AD di Lapangan Monas

Sebuah studi yang terbit dalam International Juornal of Pharma and Bio Sciences menganalisis efek apel setiap hari pada penderita diabetes.

Ilustrasi diabetes. (Shutterstock)
Ilustrasi diabetes. (Shutterstock)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki efek buah pada gula darah puasa (tingkat glukosa setelah tidak makan semalaman) dan tingkat lipid (lemak darah) pada penderita diabetes 2.

Setelah empat minggu mengonsumsi apel setiap hari, peneliti menemukan adanya penurunan kadar gula darah puasa secara signifikan.

Tak hanya kadar gula darah yang turun, kadar kolesterol jahat dan lemak pun ikut menurun, lapor The Sun.

"Studi ini mengungkap bahwa apel ukuran sedang yang dikonsumsi penderita diabetes tipe dua dapat mengurangi kadar gula darah puasa dan parameter lipid," jelas peneliti.

Baca Juga: Warga Mulai Kurang Disiplin Prokes, Jember Gelar Apel Pamor Keris

Selain apel, buah pisang, setengah cangkir jus buah, stsu segelas kecil susu juga dapat menjaga kadar glukosa tetap rendah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar