Turunkan Kolesterol Tinggi, Cobalah Makan Cokelat Batangan!

Arendya Nariswari, Shevinna Putti Anggraeni

Rabu, 02 Februari 2022 | 07:00 WIB
Turunkan Kolesterol Tinggi, Cobalah Makan Cokelat Batangan!
Ilustrasi cokelat. (Shutterstock)

Suara.com - Kolesterol tinggi serupa dengan tekanan darah tinggi, yang tidak menimbulkan banyak gejala tertapi bisa memicu penyakit serius.

Karena itu, obat statin biasanya diresepkan untuk menurunkan jumlah kolesterol tinggi dalam tubuh.

Tapi, sebatang cokelat bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi yang sama efektifnya.

Anda perlu tahu bahwa kadar kolesterol tinggi disebabkan oleh makan terlalu banyak makanan berlemak dan gaya hidup yang buruk.

Untungnya, mengubah kebiasaan atau gaya hidup lebih sehat bisa membantu menurunkannya. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition telah menemukan bahwa makanan tertentu dapat bekerja sebagai "obat".

"Sementara kebanyakan dokter dengan cepat meresepkan obat (seperti statin) untuk pengobatan," kata penelitian dikutip dari express.

Kolesterol. (Shutterstock)
Kolesterol. (Shutterstock)

Sebuah studi baru menunjukkan makanan yang efektif menurunkan kolesterol tinggi, yang sama efektifnya dengan obat.

Makanan dari penelitian ini termasuk sebatang coklat yang terbuat dari bahan-bahan, seperti kenari.

Karena sebelumnya, kacang dikaitkan dengan efek positif pada kolesterol. Misalnya, Heart UK melaporkan bahwa kacang-kacangan adalah sumber lemak tak jenuh yang mampu mengotrol kolesterol.

baca juga

Sebab, kacang-kacangan memiliki kandungan serat cukup tinggi, yang dapat membantu memblokir beberapa kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah dari usus.

Namun, penelitian tersebut tidak hanya melihat pada cokelat batangan tetapi juga makanan ringan lainnya seperti smoothies.

Makanan dalam penelitian ini mengandung campuran serat, sterol, asam lemak omega 3 ALA, dan antioksidan.

Para peserta penelitian diminta untuk menikmati camilan sebagai pengganti sesuatu yang sudah mereka makan.

Selain itu, mereka diberitahu untuk tidak melakukan perubahan gaya hidup signifikan lainnya.

Mereka makan snack penurun kolesterol dua kali sehari selama 30 hari. Setelah mengikuti protokol ini, kolesterol mereka turun rata-rata 9 persen.

Namun, beberapa peserta mengalami penurunan kolesterol rata-rata lebih dari 30 persen.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Benarkah Buah Pisang Bisa Turunkan Tekanan Darah? Faktanya Begini

Benarkah Buah Pisang Bisa Turunkan Tekanan Darah? Faktanya Begini

Sumsel | Rabu, 26 Januari 2022 | 06:10 WIB

Selain Cokelat, Ini 7 Makanan Khas Belgia yang Wajib Dicoba

Selain Cokelat, Ini 7 Makanan Khas Belgia yang Wajib Dicoba

Your Say | Senin, 24 Januari 2022 | 15:12 WIB

Kadar Kolesterol Normal untuk Dewasa dan Anak-anak, Berapakah Batas Wajar yang Direkomendasikan?

Kadar Kolesterol Normal untuk Dewasa dan Anak-anak, Berapakah Batas Wajar yang Direkomendasikan?

Health | Jum'at, 21 Januari 2022 | 18:11 WIB

Terkini

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:53 WIB

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Bogor | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:37 WIB

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Jabar | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:13 WIB

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:03 WIB

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:35 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:27 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:21 WIB

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Riau | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:47 WIB

×