facebook

Kadar Kolesterol Normal untuk Dewasa dan Anak-anak, Berapakah Batas Wajar yang Direkomendasikan?

Arendya Nariswari
Kadar Kolesterol Normal untuk Dewasa dan Anak-anak, Berapakah Batas Wajar yang Direkomendasikan?
Ilustrasi gambar (freepik)

Kisaran yang direkomendasikan untuk kadar kolesterol normal tergantung pada usia. Berikut ini kadar normal untuk dewasa dan anak-anak

Suara.com - Kita membutuhkan beberapa kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi akumulasi dari jenis yang buruk dapat menjadi masalah. Kisaran yang direkomendasikan untuk kadar kolesterol normal tergantung pada usia. Lantas, berapa kadar kolesterol normal untuk dewasa dan anak?

Diketahui,  Kolesterol adalah zat seperti lemak atau lilin yang mempunyai banyak peran dalam tubuh, termasuk mensintesis hormon serta vitamin D. Selain itu, kolesterol juga berguna dalam pengangkutan lipid. Kolesterol ada dalam makanan yang Anda makan, tetapi kolesterol juga dibuat oleh hati.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan mengenai kolesterol mulai dari berapa kadar normal untuk dewasa dan anak hingga cara mencegah agar tidak kelebihan dari batas yang ditentukan.

Kadar Normal untuk Dewasa dan Anak

Baca Juga: 7 Tanda Gejala Kolesterol, Sering Merasa Kesemutan dan Ngantuk

Tingkat kolesterol total Anda merupakan jumlah keseluruhan kolesterol yang ada di dalam darah Anda, yang antara lain: 

  • Lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol "jahat"
  • Lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol "baik"
  • Trigliserida atau "blok pembangun"

Melansir dari situs Healthline, Kamis (20/1/2022), menurut pedoman 2018 tentang pengelolaan kolesterol darah yang diterbitkan di Jurnal American College of Cardiology (JACC), kadar kolesterol normal pada orang dewasa yaitu kurang dari 200 (lebih rendah lebih baik) 

Sedangkan kadar kolesterol normal pada anak yaitu 170 atau kurang. Biasanya, anak-anak yang aktif secara fisik , makan makanan padat nutrisi, tidak kelebihan berat badan, dan tidak memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi, maka risikonya lebih rendah untuk memiliki kolesterol tinggi.

Cara Mencegah Kolestrol Tinggi

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak telah dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, anak-anak dan orang dewasa yang berolahraga secara teratur, menjaga berat badan yang sehat, dan makan makanan seimbang yang kaya serat  berguna dalam menjaga agar kadar kolesterol normal.

Baca Juga: Gaya Hidup Selangit, Cewek Pamer Kehidupan Hedon Tapi Rumah Masih Papan, Tuai Perdebatan

Oleh karena itu, agar kadar kolesterol tidak tinggi, cobalah untuk mengubah gaya hidup agar menjadi lebih sehat, mengurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans, olahraga, berhenti merokok, menurunkan berat  badan, dan lain sebagainya.

Demikian informasi mengenai total kadar normal pada orang dewasa maupun anak-anak dan cara mencegah jika kolesterol mengalami kenaikan. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar