facebook

5 Tips Sehat dan Bugar Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan dari Ahli, Yuk Simak!

M. Reza Sulaiman
5 Tips Sehat dan Bugar Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan dari Ahli, Yuk Simak!
Ilustrasi buka puasa (Pixabay)

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan mengharuskan umat Islam menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam. Bagaimana cara puasa agar tetap sehat dan bugar selama puasa?

Suara.com - Menjalankan ibadah puasa Ramadhan mengharuskan umat Islam menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam. Bagaimana cara puasa agar tetap sehat dan bugar selama puasa?

Mengutip ANTARA, Kamis (7/4/2022), Ahli Gizi Klinik dari Apollo Hospitals Navi Mumbai di India, Dr Varsha Gorey, mengatakan bahwa berbuka puasa berfungsi untuk menyeimbangkan kembali dan mengisi ulang tubuh dengan makanan. Sementara sahur bertujuan untuk memberi bekal kekuatan pada tubuh sehingga makanan harus sehat dan mengenyangkan.

"Untuk mengoptimalkan dan mendapatkan manfaat dari puasa, kita harus memasukkan diet beragam yang mencakup semua kelompok makanan utama seperti sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan produk susu (jika ditoleransi)," kata Gorey.

Berikut beberapa tips lain yang harus diingat selama puasa Ramadhan, dibagikan oleh para ahli.

Baca Juga: Simak! 5 Tips Puasa bagi Ibu Menyusui agar ASI Tetap Lancar

Ilustrasi puasa, Jadwal Puasa rajab 2022 dan ayyamul bidh (Pexels)
Ilustrasi puasa, Jadwal Puasa rajab 2022 dan ayyamul bidh (Pexels)

Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Usahakan minum air mineral yang cukup di antara waktu buka puasa dan sahur untuk mencegah dehidrasi. Selain air mineral, konsumsi pula buah-buahan yang mengandung air contohnya seperti semangka saat sahur atau setelah berbuka puasa.

Kurangi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cola. Kafein dapat membuat seseorang lebih sering buang air kecil sehingga menyebabkan dehidrasi. Bahkan minuman bersoda dengan gula akan menambah kalori.

Pilih makanan berenergi untuk sahur

Makanlah makanan yang akan memberi energi sepanjang hari. Kombinasi menu sahur dapat berupa buah dan sayuran seperti tomat, mentimun, dan kacang-kacangan, buncis dan lentil, produk susu rendah lemak, alpukat, kacang-kacangan, zaitun.

Baca Juga: Tips Puasa Sehat Bagi Wanita Hamil, Baik untuk Ibu dan Janin

Anda juga dapat meminta bantuan seorang ahli yang akan memandu mengenai apa yang harus dimakan dan dihindari selama Ramadhan.

Komentar