facebook

Karena Kandungan Ini, Lada Hitam Punya Beragam Manfaat Dalam Melawan Berbagai Penyakit!

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Karena Kandungan Ini, Lada Hitam Punya Beragam Manfaat Dalam Melawan Berbagai Penyakit!
Ilustrasi lada hitam. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Pengobatan tradisional telah menggunakan lada hitam selama ribuan tahun.

Suara.com - Lada hitam sudah lama digunakan sebagai bumbu makanan dan termasuk dalam pengobatan tradisional, seperti Ayuverda dari India dan dari Tiongkok, yang sudah ada selama ribuan tahun.

Praktisi Ayuverda percaya bahwa lada hitam memiliki sifat karminatif, yakni meredakan perut kembung. Sementara dalam pengobatan tradisional Tiongkok, lada hitam diguankan sebagai obat epilepsi.

Sementara ilmu pengetahuan modern menunjukkan bahwa lada hitam memang memberikan manfaat kesehatan, terutama sebagai hasil dari alkaloid yang disebut piperine, bahan kimia yang memberi lada rasa pedas dan antioksidan kuat.

Antioksidan merupakan molekul yang membersihkan zat berbahaya disebut radikal bebas. Pola makan yang tidak sehat, terlalu banyak terpapar sinar matahari, alkohol dan merokok dapat meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh.

Baca Juga: Mengandung Antioksidan, Konsumsi Tinggi Minyak Zaitun Dapat Menurunkan Risiko Kematian Dini

Piperine juga memiliki sifat anti-inflamasi, lapor The Conversation. Dalam studi di laboratorium terhadap hewan menunjukkan piperin mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Ilustrasi Lada Hitam dan Putih. (pixabay)
Ilustrasi Lada Hitam dan Putih. (pixabay)

Lada hitam juga dapat membantu tubuh menyerap senyawa seperti resveratrol dengan lebih baik. Senyawa antioksidan ini yang ditemukan dalam anggur merah, beri, dan kacang tanah.

Studi menunjukkan bahwa resveratrol dapat melindungi terhadap penyakit jantung, kanker, Alzheimer dan diabetes.

Bumbu pedas ini juga dapat meningkatkan penyerapam kurkumin, yang merupakan bahan aktif dalam bumbu kunyit dengan sifat anti-inflamasi.

Peneliti menemukan bahwa mengonsumsi 20 miligram piperine dengan 2 gram kurkumin dapat meningkatkan ketersediaan kurkumin dalam tubuh sebesar 2.000%.

Baca Juga: 5 Fakta Kesehatan Seputar Minyak Kelapa: Tidak Ampuh Atasi Masalah Kulit Tapi Tinggi Antioksidan

Riset lain menunjukkan lada hitam dapat meningkatkan penyerapan beta-karoten, senyawa yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Beta-karoten berfungsi sebagai antioksidan kuat yang dapat melawan kerusakan sel.

Dari penjelasan di atas, sudah dapat dipastikan bahwa lada hitam memiliki manfaat yang baik untuk tubuh karena mengandung piperine.

Komentar