facebook

Jaga Kadar Gula Darah, Ini 5 Tips Sehat Rayakan Lebaran bagi Penderita Diabetes!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Jaga Kadar Gula Darah, Ini 5 Tips Sehat Rayakan Lebaran bagi Penderita Diabetes!
Ilustrasi Lebaran. (Pexels)

Ada beberapa hal yang harus dilakukan penderita diabetes untuk mencegah kenaikan kadar gula darah selama lebaran.

Suara.com - Jelang Hari Raya Idul Fitri 2022, sebagian besar orang pasti bersemangat menyiapkan berbagai jenis makanan untuk disajikan saat lebaran. Tapi, kesehatan tubuh tetap harus menjadi yang utama diperhatikan, terlebih penderita diabetes.

Karena, kebanyakan makanan yang disajikan saat lebaran biasanya berlemak dan manis. Kedua jenis makanan ini pastinya tidak baik untuk penderita diabetes bila dikonsumsi berlebihan.

Karena itu dilansir dari Diabetes UK, ada beberapa cara sehat menyambut lebaran bagi penderita diabetes.

1. Kurangi asupan gula, garam dan lemak

Baca Juga: Maia Estianty Jawab Kabar Kehamilan, Dul Jaelani Akui Ingin Punya Adik

Ada baiknya mengurangi asupan gula, garam dan lemak selama hari raya Idul Fitri. Anda masih bisa mengonsumsi makanan manis sebagai camilan sesekali, bila Anda menderita diabetes.

Sebaiknya, Anda juga tidak mengonsumsi kue atau biskuit dengan teh terlalu banyak. Karena, ini bisa meningkatkan asupan gula dan lemak.

Ilustrasi makanan manis. (Shutterstock)
Ilustrasi makanan manis. (Shutterstock)

Anda juga harus menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan konsumsi minuman bebas gula, daripada minuman bersoda atau jus yang mengandung gula tambahan.

2. Atur porsinya

Kebanyakan orang akan tergoda makan berlebihan saat lebaran setelah sebulan puasa. Tapi, mengelola porsi makan Anda bisa membantu menghindari makan berlebihan.

Baca Juga: Diminum sebelum Berhubungan Seks, Pil KB Kombinasi Ini Ampuh Cegah Kehamilan

Cobalah untuk perbanyak makan sayuran karena akan membantu Anda merasa lebih kenyang dan berhenti makan sebelum merasa kenyang.

3. Kelola kadar gula darah

Anda juga harus memantau kadar gula darah lebih sering dari biasanya. Cara ini berfungsi memastikan kadar gula darah Anda tetap normal atau berada dalam kisaran yang seharusnya.

4. Perbanyak serat

Kacang-kacangan seperti buncis, buncis dan lentil menyediakan protein nabati yang secara alami rendah garam dan lemak. Konsumsi makanan ini sebagai pengganti beberapa pilihan daging merah atau daging olahan akan menurunkan asupan garam dan lemak Anda.

Dalam jangka panjang, makan lebih sedikit garam dan lemak akan membantu Anda menjaga tekanan darah tetap rendah dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Makan terlalu banyak daging merah tidak baik untuk jantung dan bisa meningkatkan kadar kolesterol, yang berisiko meningkatkan penyakit jantung.

5. Aktif secara fisik

Jangan lupa untuk aktif secara fisik saat lebaran, karena biasanya kita kalap mengonsumsi banyak makanan. Anda bisa melakukan aktivitas fisik sederhana, seperti berjalan-jalan dengan sepupu atau keluarga.

Komentar