Dari Meningkatkan Kesehatan Mental Hingga Menurunkan Tekanan Darah, Inilah 4 Manfaat Besar dari Teh Hijau!

Cesar Uji Tawakal, Rosiana Chozanah

Rabu, 04 Mei 2022 | 18:05 WIB
Dari Meningkatkan Kesehatan Mental Hingga Menurunkan Tekanan Darah, Inilah 4 Manfaat Besar dari Teh Hijau!
Manfat teh hijau ( Shutterstock )

Suara.com - Selama ribuan tahun, penduduk Cina dan Jepang telah mengonsumsi teh hijau karena rasanya yang menenangkan dan manfaat terapeutiknya.

Penelitian menemukan bahwa minum teh hijau dapat melindungi terhadap penyakit jantung, membantu mengelola diabetes tipe 2, dan meningkatkan kesehatan tulang.

Teh hijau terbuat dari daun yang sama dengan teh hitam, tetapi daun teh hijau tidak difermentasi. Ini tidak hanya mempertahankan warna hijau, tetapi juga meningkatkan kandungan antioksidan.

Menurut Health, berikut 4 manfaat besar dari teh hijau.

1. Meningkatkan kesehatan mental

Teh mengandung asam amino, disebut theanine, yang dapat menghilangkan stres, menginduksi relaksasi, dan mengurangi kecemasan.

Konsentrasi theanine pada teh hijau paling tinggi dari jenis teh lainnya.

Sebuah tinjauan tahun 2020 menemukan bahwa mengonsumsi 200 hingga 400 miligram (mg) suplemen theanine setiap hari dapat mengurangi stres dan kecemasan pada orang yang sedang stres.

ilustrasi teh hijau (Pixabay)
ilustrasi teh hijau (Pixabay)

2. Melindungi dari penyakit neurodegeneratif

baca juga

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minum teh hijau dapat melindungi terhadap penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Kemungkinan karena kandungan antioksidan yang tinggi. Menurut studi 2019 yang terbit di Molecules, antioksidan dapat mempertahankan sel dari kerusakan yang seiring waktu akan menyebabkan penyakut neurodegeneratif.

3. Menurunkan kolesterol

Sebuah meta-analisis tahun 2020 dari 31 studi yang terbit dalam Nutrition Journal menemukan bahwa minum teh hijau dikaitkan dengan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol 'jahat') yang lebih rendah.

4. Menurunkan tekanan darah

Kemampuan teh hijau menunkan tekanan darah mungkin karena kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini mengurangi peradangan dan melebarkan pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir lebih mudah.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

6 Obat Kolesterol Alami yang Bisa Anda Coba, dari Teh Hijau hingga Daun Sirsak

6 Obat Kolesterol Alami yang Bisa Anda Coba, dari Teh Hijau hingga Daun Sirsak

Health | Rabu, 20 April 2022 | 13:24 WIB

Simak, Ini 5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Manusia

Simak, Ini 5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Manusia

Lifestyle | Senin, 14 Maret 2022 | 12:13 WIB

Tidak Cuma Menurunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan!

Tidak Cuma Menurunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan!

Your Say | Minggu, 13 Maret 2022 | 10:45 WIB

Terkini

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 00:55 WIB

Tegas! Menkeu Purbaya Ungkap Tak Ada Kenaikan Gaji Guru di 2027

Tegas! Menkeu Purbaya Ungkap Tak Ada Kenaikan Gaji Guru di 2027

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 00:12 WIB

Renjana Perca, Saat Fashion Indonesia Bertemu Ekonomi Sirkular

Renjana Perca, Saat Fashion Indonesia Bertemu Ekonomi Sirkular

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:48 WIB

Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang

Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang

Jabar | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:20 WIB

Insentif Guru Ngaji di Bogor Jadi Rp1,2 Juta per Tahun

Insentif Guru Ngaji di Bogor Jadi Rp1,2 Juta per Tahun

Bogor | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:15 WIB

Jaga Gajah Sumatera, Pertamina Kilang Plaju Perkuat Upaya Melestarikan Warisan Alam Sumsel

Jaga Gajah Sumatera, Pertamina Kilang Plaju Perkuat Upaya Melestarikan Warisan Alam Sumsel

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:11 WIB

Temukan 1.500 Warga Terjebak Grup LGBT Daring, Pemkab Serang Siapkan Langkah Pembinaan

Temukan 1.500 Warga Terjebak Grup LGBT Daring, Pemkab Serang Siapkan Langkah Pembinaan

Banten | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:06 WIB

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:55 WIB

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:42 WIB

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:10 WIB

×