Simak, Ini 5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Manusia

Risna Halidi, Aflaha Rizal Bahtiar

Senin, 14 Maret 2022 | 12:13 WIB
Simak, Ini 5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Manusia
ilustrasi teh hijau (Unsplash)

Suara.com - Minuman teh sering dikonsumsi saat pagi hari atau sedang musim dingin. Bahkan, teh hijau dikaitkan karena memiliki sumber kesehatan yang baik untuk manusia.

Hal itu telah diungkap oleh studi dari Jepang, yang menganalisis 90.000 orang berusia antara 40-69 tahun. Studi mengatakan, mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi penyakit jantung, stroke, dan juga pernapasan.

Begitu juga dengan lima manfaat teh hijau lainnya, yang dilansir dari Mens Health. Simak ulasannya berikut ini!

ilustrasi teh hijau (Pixabay)
ilustrasi teh hijau (Pixabay)

1. Dapat Membakar Kalori
Khawatir bila tubuh tidak cukup membakar kalori saat nge-gym? Sebuah penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, sumber katekin pada teh hijau dapat meningkatkan metabolisme sekaligus membakar kalori hingga 4 persen. Jadi, imbangi dengan teh hijau ya!

2. Dapat Menurunkan Kolesterol
Sebuah studi China yang terbit di Archives of Internal Medicine menemukan, bahwa kandungan antioksidan pada teh hijau dapat menurunkan kolesterol LDL, di mana ini dapat mengurangi serangan jantung sebesar 11 persen.

3. Dapat Mencegah Penyakit Hati
Selain menyegarkan, teh hijau yang dianggap sebagai obat alami ini dapat mencegah dari penyakit hati. Menurut peneliti dari University of Maryland, teh hijau memiliki sumber polifenol, yang dianggap sebagai obat alami.

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit
Kulit Anda cenderung kering dan kasar? Sebuah penelitian dari The British Journal of Nutrition menemukan, sumber antioksidan dalam teh hijau dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda, salah satunya menghentikan kerutan dan garis cokelat di musim dingin.

5. Meningkatkan Daya Ingat
Mudah lupa menjadi masalah besar bila terjadi keseringan. Karena itu, teh hijau disebut bisa mengatasi pada masalah kelupaan. Lewat studi dari University of Basel di Swiss mengatakan, teh hijau dapat meningkatkan otak sekaligus membantu meningkatkan daya ingat Anda.

baca juga
Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Diam-Diam Hailey Bieber Dirawat di Rumah Sakit Setelah Alami Gejala seperti Stroke, Ada Apa?

Diam-Diam Hailey Bieber Dirawat di Rumah Sakit Setelah Alami Gejala seperti Stroke, Ada Apa?

Health | Senin, 14 Maret 2022 | 06:50 WIB

Gara-gara Stroke, Lidah Pria Ini Menghitam dan Tumbuh Rambut

Gara-gara Stroke, Lidah Pria Ini Menghitam dan Tumbuh Rambut

Health | Minggu, 13 Maret 2022 | 18:09 WIB

Tidak Cuma Menurunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan!

Tidak Cuma Menurunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan!

Your Say | Minggu, 13 Maret 2022 | 10:45 WIB

Terkini

Ratusan Pelajar SMA di Karo Diduga Keracunan MBG, Terungkap SPPG Milik Kodim

Ratusan Pelajar SMA di Karo Diduga Keracunan MBG, Terungkap SPPG Milik Kodim

Sumut | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:52 WIB

Lawan Arus di Rawa Buaya, Warga Minta Jalur Alternatif ke Duri Kosambi

Lawan Arus di Rawa Buaya, Warga Minta Jalur Alternatif ke Duri Kosambi

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:52 WIB

Getol Kritik Dampak Proyek PLTA, Solidaritas Perempuan Poso Sempat Digertak Pejabat Pemkab

Getol Kritik Dampak Proyek PLTA, Solidaritas Perempuan Poso Sempat Digertak Pejabat Pemkab

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:51 WIB

5 Rekomendasi Tinted Sunscreen untuk Flek Hitam sesuai Review dan Harga

5 Rekomendasi Tinted Sunscreen untuk Flek Hitam sesuai Review dan Harga

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:45 WIB

Pasca Putusan MK, DPR Titip Pemerintah Naikkan Gaji Guru dari Anggaran Pendidikan

Pasca Putusan MK, DPR Titip Pemerintah Naikkan Gaji Guru dari Anggaran Pendidikan

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:44 WIB

Buang Sampah ke TPS Liar Nagrak, 4 Perusahaan Terancam Sanksi Lebih Berat

Buang Sampah ke TPS Liar Nagrak, 4 Perusahaan Terancam Sanksi Lebih Berat

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:42 WIB

Kemendagri Ajak Pemda Optimalkan Program MBG untuk Tekan Stunting dan Kemiskinan

Kemendagri Ajak Pemda Optimalkan Program MBG untuk Tekan Stunting dan Kemiskinan

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:42 WIB

Promosi Miras Pakai Ayat Alquran Dinilai Penistaan Agama, FKBI Dorong Publik Boikot Produknya

Promosi Miras Pakai Ayat Alquran Dinilai Penistaan Agama, FKBI Dorong Publik Boikot Produknya

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:41 WIB

Selamatkan Lahan Pertanian di Sulawesi Selatan, Gubernur: Tim Sudah Lakukan Pompanisasi

Selamatkan Lahan Pertanian di Sulawesi Selatan, Gubernur: Tim Sudah Lakukan Pompanisasi

Sulsel | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:40 WIB

4 Cara Digital Detox untuk Mengurangi Ketergantungan pada Gadget

4 Cara Digital Detox untuk Mengurangi Ketergantungan pada Gadget

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:40 WIB

×