facebook

Selain Ruam, Ini 3 Gejala Meningitis yang Muncul Lebih Awal

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Selain Ruam, Ini 3 Gejala Meningitis yang Muncul Lebih Awal
Ilustrasi meningitis. (Shutterstock)

Ada 3 gejala utama meningitis yang muncul lebih awal sebelum adanya ruam.

Suara.com - Meningitis sering dikaitkan dengan munculnya ruam. Namun, ada 3 gejala umum yang bisa muncul sebelum terjadinya ruam.

Gejala umum meningitis ini di antaranya demam, sakit kepala dan leher kaku. Semakin cepat gejala-gejala ini terlihat, semakin besar kemungkinannya kondisi pasien bisa diobati.

Gejala meningitis lainnya, dilansir dari Express, termasuk tangan dan kaki dingin, muntah, kebingungan, pernapasan cepat, nyeri otot dan sendi, kulit pucat, dan kejang.

Ada dua bentuk utama meningitis. Satu bentuk yang paling umum dan tidak serius dikenal sebagai meningitis virus. Sedangkan, bentuk yang paling berbahaya adalah meningitis bakteri.

Baca Juga: Mual sampai Diare Berat, Ini 4 Gejala Awal Hepatitis Akut yang Perlu Diwaspadai

Meningitis memiliki beberapa penyebab, termasuk bakteri, enterovirus dan virus gondok. Penyakit ini bisa menyebar melalui bersin, batuk atau berciuman.

meningitis (shutterstock)
meningitis (shutterstock)

Orang muda adalah salah satu kelompok yang paling berisiko terkena meningitis. Karena itulah, anak-anak sekolah biasanya sudah diberikan vaksin meningitis sebelum mereka mulai tumbuh dewasa.

Walau begitu, meningitis bukan satu-satunya virus yang rentan menyerang anak muda. Saat ini, dunia pun sedang dihebohkan oleh virus hepatitis yang menyerang kalangan muda.

Wabah hepatitis pada anak muda ini dimulai di Skotlandia. Namun, sekarang wabah ini sudah berkembang di seluruh dunia.

Baca Juga: Waspada 4 Gejala Awal Hepatitis Akut, Apa Saja?

Komentar