facebook

Dianggap Tabu, Penggunaan Vibrator Ternyata Baik untuk Kesehatan Wanita

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Dianggap Tabu, Penggunaan Vibrator Ternyata Baik untuk Kesehatan Wanita
Ilustrasi Mainan Seks dan Vibrator (Pexels/cottonbro)

Penggunaan mainan seks vibrator justru baik untuk kesehatan wanita secara keseluruhan.

Suara.com - Sebuah penelitian menemukan bahwa penggunaan mainan seks vibrator bisa memberikan efek positif yang tak terduga. Bahkan, hal ini menimbulkan pertanyaan perlu atau tidaknya dokter menyarankan penggunaanya sebagai perawatan medis.

Meskipun penggunaan mainan seks vibrator masih terdengar tabu, penelitian telah mengungkapkan bahwa itu bisa memberikan banyak manfaat kesehatan potensial.

Dalam studi tersebut, Dr. Alexandra Dubinskaya dari Cedar-Sinai Medical Center meninjau literatur terkini tentang topik ini. Hasil penyelidikan ini dipresentasikan di Pertemuan Tahunan American Urological Association 2022 di New Orleans.

"Sebagai seorang ahli uroginekologi, saya menghabiskan waktu saya untuk berdiskusi dengan wanita tentang kesehatan genital dan seksual mereka," kata Dubinskaya dikutip dari News Week.

Baca Juga: WHO Sebut Kasus Virus Corona Covid-19 Menurun secara Global, Kecuali Amerika dan Afrika!

Dubinskaya mengatakan sering kali tidak ada profesional medis yang berdiskusi mengenai kehidupan seks mandiri pasiennya.

Ilustrasi vibrator. (Shutterstocks)
Ilustrasi vibrator. (Shutterstocks)

Ia pun ingin membuat tinjauan literatur, yang bertujuan menganalisis efek penggunaan vibrator pada fungsi seksual, disfungsi dasar panggul dan nyeri vulva.

Guna melakukan hal ini, Dubinskaya melakukan tinjauan sistematis beberapa database medis untuk mencari studi tentang topik terkait yang menyertakan kata kunci tertentu, seperti vibrator dan mainan seks.

Ia menemukan jumlah penelitian tentang penggunaan vibrator dan pengaruhnya terhadap kesehatan dasar panggul, fungsi seksual dan nyeri vulva relatif terbatas.

Menurut Dubinskaya, beberapa penelitian yang tersedia menunjukkan efek positif secara keseluruhan terhadap penggunaan vibrator di kalangan wanita.

Baca Juga: Gara-Gara Infeksi Virus Corona Covid-19, Bon Jovi Tak Bisa Nyanyi selama 2 Minggu

Selanjutnya, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan vibrator memiliki efek positif di beberapa bidang kesehatan wanita, termasuk perbaikan inkontinensia urine dan kekuatan otot dasar panggul, serta mengurangi nyeri vulva.

"Saya tidak terkejut dengan temuan ini. Saya percaya bahwa ada banyak manfaat lain dari penggunaan vibrator yang mungkin belum kita ketahui," kata Dubinskaya.

Berdasarkan temuan penelitiannya, Dubinskaya mengatakan penggunaan vibrator memiliki efek positif di semua bidang siklus respons seksual.

"Vibrator mengurangi waktu untuk mencapai orgasme, memfasilitasi beberapa orgasme dan meningkatkan tekanan terkait seks," katanya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa vibrator dapat meningkatkan hasrat seksual wanita dengan membuat kenikmatan seksual mudah dicapai, baik berhubungan seks dengan pasangan maupun solo.

Walau demikian, penelitian ini masih terbatas karena jenis vibrator yang berbeda menghasilkan efek kesehatan berbeda pula.

Komentar