facebook

Pevita Pearce Mengeluh Sariawan Tak Kunjung Sembuh, Coba Pakai 7 Bahan Alami Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Pevita Pearce Mengeluh Sariawan Tak Kunjung Sembuh, Coba Pakai 7 Bahan Alami Ini!
Potret seksi Pevita Pearce. (Instagram/@pevpearce)

Pevita Pearce mengeluh sariawan di bibirnya tak kunjung sembuh, sehingga membutuhkan saran pengobatan yang tepat.

Suara.com - Baru-baru ini, Pevita Pearce mengeluh sariawan yang dideritanya tidak kunjung sembuh. Ia pun meminta saran pengobatan sariawan kepada warganet sambilmengunggah potret selfie-nya di Instagram.

"Gimana caranya biar cepet sembuh?" tulis Pevita Pearce dalam unggahannya yang memperlihatkan sariawan pada bibirnya di Instagram pada Senin (23/5/2022).

Sebelumnya, Pevita Pearce mengaku telah menggunakan jeruk nipis dan garam untuk mengobati sariawan. Bahkan, ia juga menggunakan sikat gigi balita untuk mengurangi rasa sakitnya. Tapi, semua upayanya itu tidak berhasil.

Sariawan yang biasa muncul di bagian pipi dalam, bibir, atau lidah ini bisa menyebabkan rasa sakit luar biasa, sehingga membuat seseorang kesulitan makan dan malas berbicara.

Baca Juga: Kondisi Tukul Arwana Membaik, Memang Berapa Lama Umumnya Pemulihan Pasca-Stroke?

Dilansir dari Hello Sehat, sariawan merupakan luka kecil, dangkal dan nyeri yang muncul di jaringan lunak dalam mulut.

Unggahan Pevita Pearce [Instagram]
Unggahan Pevita Pearce [Instagram]

Penyebab munculnya sariawan adalah daya tahan tubuh yang melemah, kekurangan vitamin B12 atau asam folat dan infeksi bakteri atau virus.

Karena rasa perihnya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda bisa mengobati sariawan dengan beberapa bahan alami berikut.

1. Madu

Madu termasuk obat sariawan alami yang cukup ampuh. Karena, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan.

Baca Juga: Apakah Stroke Bisa Sembuh? Begini Penjelasannya

2. Air garam

Kumur air garam 1-2 menit bisa membantu mengobati sariawan, karena memiliki sifat antibkateri dan antiradang guna mencegah sariawa berkembang parah.

Selain itu, air garam juga membantu mempercepat proses penyembuhan sekaligus mencegah infeksi di mulut.

3. Kelapa

Kelapa bisa membantu mengobati sariawan di lidah dan bibir dengan cara mencegah peradangan luka semakin buruk dan mengurangi rasa sakit.

Anda cukup mencampurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa untuk dioleskan ke luka sariawan. Ulangi sebanyak 3-4 kali sehari sampai membaik.

Ilustrasi lidah buaya (Pixabay)
Ilustrasi lidah buaya (Pixabay)

4. Lidah buaya

Mengoleskan lidah buaya pada sariawan juga bisa membantu mengatasi sariawan. Pengobatan alami ini cukup ampuh mengatasi sariawan, karena fungsinya sebagai antiperadangan dan pereda nyeri alami.

5. Es batu

Sariawan bisa membuat area mulut membengkak dan terasa sakit. Karena itu, Anda bisa mengompresnya dengan es batu yang dibungkus kain untuk mengempiskannya dan menyembuhkannya.

Rasa sejuk dari es batu ini bisa meringankan rasa nyeri akibat sariawan. Bahkan, Anda bisa kulum es batu pada lidah yang sariawan sampai mencair.

6. Yogurt

Sariawan disebabkan oleh bakteri yang berkembang di rongga mulut. Karena itu, konsumsi yogurt bisa membantu mengobati sariawan secara alami.

Yogurt sebagai makanan sumber probiotik baik bisa membantu mencegah dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

7. Soda kue

Soda kue juga bisa membantu meringankan rasa sakit, menetralkan kandungan asam dan masalah iritasi. Anda bisa mencampurkan soda kue dengan air sampai menjadi pasta. Kemudian, aplikasikan pada luka sariawan menggunakan cotton bud.

Komentar