facebook

Mengenal Bentuk Turunan Vitamin C pada Produk Skincare, Jangan Sampai Salah Pilih!

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Mengenal Bentuk Turunan Vitamin C pada Produk Skincare, Jangan Sampai Salah Pilih!
Ilustrasi serum vitamin C (istockphoto)

Sebagai penguat kolagen dan pencerah kulit, vitamin C umumnya ditemukan dalam produk perawatan kulit yang memiliki sifat anti-penuaan.

Suara.com - Sebagai antioksidan kuat, vitamin C memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita secara menyeluruh, termasuk penampilan kulit yang lebih muda dan bercahaya.

Sebagai penguat kolagen dan pencerah kulit, vitamin C umumnya ditemukan dalam produk perawatan kulit yang memiliki sifat anti-penuaan.

Karena 'kepopulerannya', vitamin C tersedia dalam berbagai bentuk dan turunannya, yang semuanya bertujuan untuk mendukung proses regenerasi kulit, melindungi serta memperbaiki sel-sel kulit.

Namun sebelum memberinya, penting untuk mengetahui Bentuk-bentuknya dan apakah akan bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga: Simak Yuk, Manfaat Memakai Lip Serum untuk Kecantikan Bibirmu

Dokter kulit asal India, Manjot Marwah, menjelaskan berbagai bentuk vitamin C, dilansir The Health Site:

Ilustrasi serum vitamin C (Shutterstock)

1. Asam askorbat

Ini adalah bentuk paling umum dan tidak stabil. Persentase asam askorbat bervariasi, tetapi masih bersifat asam dan dapat mengiritasi kulit sensitif.

Bentuk vitamin C ini adalah yang paling terjangkau. Pilihlah produk dengan botol berwarna gelap dan larutan yang tampak jernih. Sebab, begitu berubah warna, cairan akan teroksidasi dan kehilangan sifat antioksidannya.

2. Ascorbyl Glucoside dan Magnesium Ascorbyl Phosphate

Baca Juga: Viral Wanita Bikin Kue Tart Bentuk Botol Serum, Memukau dengan Ukuran Jumbo dan Desain Unik

Ini adalah jenis vitamin C paling umum dan terjangkau, tetapi apakah mereka benar-benar bermanfaat adalah tanda tanya besar karena tidak ada cukup data penelitian untuk mendukung manfaatnya.

3. Ascorbyl Tetra Iso (Palmitate dan Tetrahexyldecyl Askorbat)

Kedua bentuk vitamin C ini mahal, tetapi memiliki stabilitas dan penetrasi yang baik. Larutan ini efektif dan mudah ditoleransi oleh kulit sensitif juga.

Jika Anda benar-benar memerhatikan rutinitas perawatan kulit, pastikan Anda membeli turunan Vitamin C yang tepat dan sepadan dengan harganya.

Komentar