facebook

Bolehkah Bayi Belum 6 Bulan Sudah MPASI Seperti Anak Lesti dan Billar? Ini Kata Dokter

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Bolehkah Bayi Belum 6 Bulan Sudah MPASI Seperti Anak Lesti dan Billar? Ini Kata Dokter
Potret Akikah Anak Artis di Tahun 2022 (instagram/@lestykejora)

erdasarkan anjuran Kementerian Kesehatan, makanan pendamping ASI tersebut memang sebaiknya baru diberikan saat bayi berusia 6 bulan.

Suara.com - Pasangan selebriti Lesti Kejora dan Rizky Billar telah memberikan MPASI kepada anak pertama mereka walaupun usianya masih kurang dari kurang enam bulan. Billar mengatakan kalau pemberian MPASI tersebut dilakukan setelah konsultasi dengan dokter. 

Berdasarkan anjuran Kementerian Kesehatan, makanan pendamping ASI tersebut memang sebaiknya baru diberikan saat bayi berusia 6 bulan. Tetapi pada kondisi tertentu, bayi boleh saja mendapatkan MPASI dini asalkan atas intruksi dari dokter anak.

"Jadi setelah konsultasi dengan dokter ternyata misalnya berat badan anak tidak sesuai dengan grafik berat badan anak lainnya, itu boleh MPASI lebih dini," kata dokter spesialis anak dr. Lucia Nauli Simbolin, Sp.A., saat dihubungi suara.com, Rabu (25/5/2022).

Selain itu, anak juga harus mulai menunjukkan tanda-tanda siap makan. Seperti leher mulai tegak, tubuhnya bisa didudukan, dan menunjukkan ketertarikan pada makanan saat melihat orang lain sedang makan.

Baca Juga: 5 Pesona Rizky Billar Berambut Silver Gray, Disanjung Lesti Kejora Semakin Ganteng

Rizky Billar, Lesti Kejora dan Muhammad Leslar Al-Fatih Billar [Instagram/@rizkybillar]
Rizky Billar, Lesti Kejora dan Muhammad Leslar Al-Fatih Billar [Instagram/@rizkybillar]

Meski begitu, dokter Lucia mengingatkan bahwa MPASI dini juga tidak boleh dilakukan saat usia anak kurang dari 4 bulan.

"Paling cepat MPASI dini itu usia 4 bulan.

Kalau kurang dari itu nggak boleh, kalau kecepatan nanti bisa-bisa terjadi gangguan di usus, penyerapan, pencernaannya belum siap. Terus kalau kurang dari 4 bulan juga otomatis leher si bayi belum tegak," jelasnya.

Menurut dr. Lucia, pemberian MPASI dini biasanya terkait dengan berat badan anak kurang berdasarkan usianya. Kondisi itu bisa terjadi karena produksi ASI tidak mencukupi bagi anak. 

"ASI mulai tidak mencukupi biasanya itu terjadi pada ibu pekerja," imbuhnya.

Baca Juga: Dari Manajer hingga Pilot! Pekerjaan 5 Suami Pedangdut

Akan tetapi, pemberian MPASI dengan makanan padat juga harus melihat tanda siap makan pada anak. Apabila tanda siap makan tersebut belum terlihat, anak bisa diberikan dengan susu formula.

Komentar