facebook

Sebanyak 40-60% Kecerdasan Anak Berasal dari Ibu, Sisanya Tergantung Lingkungan

Arendya Nariswari | Rosiana Chozanah
Sebanyak 40-60% Kecerdasan Anak Berasal dari Ibu, Sisanya Tergantung Lingkungan
Ilustrasi anak belajar mewarnai (shutterstock)

Faktor lain apa yang juga menentukan kecerdasan anak?

Suara.com - Penelitian telah membuktikan bahwa satu sifat tertentu, yakni kecerdasan, ternyata diwariskan ke anak oleh ibunya. Jadi, ibu lah yang akan menurunkan kecerdasannya ke anak-anak, bukan sang ayah.

Hal ini terbukti dalam studi yang terbit di jurnal Psychology Spot. Di sini, peneliti melakukan survei pada 1994 terhadap 12.686 orang.

Peneliti juga mempertimbangkan faktor lain, seperti ras, tingkat pendidikan, status sosial ekonomi.

Setelah dianalisis, dilansir Times of India, hasilnya memperlihatkan bahwa gen kecerdasan terkait dengan kromosom X, yang merupakan kromosom utama wanit.

Baca Juga: Bacaan Doa Agar Anak Terhindar dari Penyakit Ain, Begini Anjuran Rasulullah SAW

Wanita juga memiliki dua kali jumlah kromosom X, sehingga mereka lebih mungkin mewariskan gen kecerdasannya kepada anak-anak.

Dear Orangtua, Simak Tips Atasi Burnout saat Dampingi Anak Belajar. (Dok: Zenius)
Dear Orangtua, Simak Tips Atasi Burnout saat Dampingi Anak Belajar. (Dok: Zenius)

Ibu juga berperan sebagai pengasuh utama, jadi apa yang mereka lakukan dan pola asuhnya akan memengaruhi pembentukan otak anak-anak selama tahap perkembangan kritis.

Namun, bukan berarti sang ayah tidak 'menyumbang' apa pun. Kecerdasan adalah konsep yang luas dan secara keseluruhan dipengaruhi oleh banyak faktor.

Menurut sains, 40 hingga 60 persen dari kecerdasan diperoleh secara turun-menurun, tetapi sisanya ditentukan oleh faktor lingkungan tertentu, termasuk seberapa baik hubungan emosional seseorang dengan orang tuanya.

Penelitian juga telah membuktikan bahwa memiliki ibu yang mampu secara emosional dan selalu ada untuk anaknya akan meningkatkan kecerdasan pada anak-anak.

Baca Juga: Lakukan Foto Bersama Ekspresi Anak Laki-laki Ini Bikin Ngakak: Spek Pelawak

Faktanya, memiliki orang tua yang aktif secara emosional mempengaruhi kecerdasan anak, kecerdasan kognitif, kepribadian dan pemikiran rasional.

Komentar